Kamis 27 Oktober 2022, 16:03 WIB

Normalisasi Kali Dilanjutkan, Pemprov DKI Data Warga yang Direlokasi

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Normalisasi Kali Dilanjutkan, Pemprov DKI Data Warga yang Direlokasi

ANTARA FOTO/Yulius Satria
Proses normalisasi sungai

 

PROGRAM normalisasi kali akan kembali dilanjutkan di masa kepemimpinan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Pembebasan lahan terus diupayakan oleh Pemprov DKI bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) DKI Jakarta agar Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) leluasa mengembalikan lebar dan kedalaman kali-kali yang ada di Jakarta.

Menyusul pembebasan lahan yang akan dilakukan, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) DKI Jakarta juga mendata warga yang terimbas proyek tersebut sehingga harus direlokasi ke rusun. Pendataan dilakukan bersama jajaran pemerintah kota setempat.

"Ya itu tugas kami dengan wali kota untuk mendata seberapa banyak warga yang potensial terdampak dan kemudian kita petakan untuk rusun mana yang bisa menampung," kata Kepala DPRKP DKI Jakarta Sardjoko ditemui di Jakarta, Kamis (27/10).

Baca juga:  Normalisasi Kali Ciliwung Kembali Dilanjutkan Tahun Depan

Menurut dia, rusun-rusun di DKI pun masih banyak yang kosong untuk dijadikan tempat relokasi bagi warga terdampak proyek normalisasi. Rusun-rusun yang kosong tersebut juga saat ini masih terdaftar untuk sewaktu-waktu dimanfaatkan sebagai lokasi isolasi terkendali pasien covid-19 tanpa gejala. Di antaranya adalah Rusun Nagrak yang memiliki kapasitas 2.250 unit, Rusun Daan Mogot dengan 450 unit yang masih kosong, serta Rusun Pologebang dengan 675 unit yang masih kosong.

Selain itu, pihaknya juga masih bisa memanfaatkan Rusun Pasar Rumput. Rusun yang berada di bawah pengelolaan Perumda Pasar Jaya itu dikhususkan untuk menampung warga yang terimbas program normalisasi khususnya di wilayah Jakarta Selatan.

"Ya ada Pasar Rumput. Nanti itu juga bisa," tuturnya.(OL-5)

Baca Juga

dok.ist

Sahabat Sandi Kabupaten Tangerang Gelar Pasar Murah untuk Nelayan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 07:52 WIB
RATUSAN voucher paket sembako murah digelontorkan kepada nelayan dan masyarakat sekitar oleh Sahabat Sandi Kabupaten Tangerang di Desa...
ANTARA/Aditya Pradana Putra

Tiang Pantograf Roboh Timpa KRL hingga Anjlok di Kampung Bandan

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 26 November 2022, 20:10 WIB
Hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya Sabtu (26/11) siang hingga sore ini membuat sebuah tiang pantograf roboh menimpa...
DOK.MI

Belasan Kontrakan Luluh Lantak Dihantam Puting Beliung di Jelambar

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 26 November 2022, 19:55 WIB
Hingga kini, tercatat 26 kepala keluarga (KK) atau 68 jiwa yang kehilangan tempat tinggal akibat kejadian...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya