Senin 25 Juli 2022, 18:52 WIB

Mulai Agustus, Bus Listrik UI Mengaspal di Jalur Transjakarta

adiyanto | Megapolitan
Mulai Agustus, Bus Listrik UI Mengaspal di Jalur Transjakarta

dok Humas UI
Bus listrik Universitas Indonesia

 

Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (PERIKLINDO)  menyelenggarakan pameran khusus kendaraan listrik bertajuk PERIKLINDO Electric Vehicle Show  (PEVS) pada 22-31 Juli 2022 di Jakarta Internasional Expo (JIEXPO), Kemayoran, Jakarta Pusat. PEVS  merupakan ajang pameran yang menjadi wadah bagi para pelaku industri kendaraan listrik, industri  pendukung hingga UMKM dan industri kreatif untuk bersiap menyambut era elektrifikasi.

Dalam  pameran yang pertama kali mengangkat kendaraan listrik, tidak hanya mobil dan motor listrik saja  yang dapat dinikmati oleh pengunjung, namun berbagai kategori kendaraan listrik dan industri  pendukung serta turunannya,  termasuk Bus Listrik Universitas Indonesia (UI) juga turut serta  dipamerkan.

Dengan terpilihnya Indonesia menjadi Presidensi G20 tahun 2021-2022, dan untuk mendukung  Pemerintah dalam penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia, bus listrik hasil rancangan dan produksi anak bangsa yang lahir dari ide periset Fakultas Teknik Universitas Indonesia menjadi salah satu kendaraan listrik lokal yang beroperasi. Bus listrik tersebut merupakan kolaborasi dengan PT Mobil Anak Bangsa (MAB) selama hampir tiga tahun dalam pembuatannya, di mana PT MAB berperan sebagai praktisi industri dalam negeri.

“Dengan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) bus adalah  yang tertinggi di Indonesia untuk kelas bus berukuran besar, yaitu ukuran panjang 12 meter dan bobot maksimal 16 ton, pengembangan teknologi ini akan diperkenalkan pada puncak Presidensi G20 di Bali,” Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi UI, drg. Nurtami, Ph.D., Sp,OF(K), dalam keterangannya seperti tertera dalam rilis Universitas Indonesia, Senin (25/7).

Rencananya, usai Presidensi G20, Bus Listrik UI akan beroperasi di Kampus UI Depok agar sivitas UI dan warga sekitar dapat merasakan bus karya anak bangsa yang ramah lingkungan. Bus Listrik UI terwujud berkat dukungan Pemerintah melalui Lembaga Pengembangan Dana Pendidikan (LPDP) yang menginvestasikan dana sebesar Rp12,65 miliar untuk pengembangan platform bus listrik dan Rp5 miliar untuk pengembangan sistem penggerak (motor listrik) oleh UI.

Bus Listrik UI juga menjadi kendaraan listrik pertama yang dioperasikan di jalur Transportasi Jakarta (Transjakarta). Pada Jumat (22/07), dilaksanakan penandatanganan perjanjian kerja sama antara PT Mobil Anak Bangsa (MAB) selaku produsen Bus Listrik UI dan PT Transjakarta di JIEXPO, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Turut hadir dalam penandatanganan tersebut, Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia (RI), Jenderal TNI (Purn.) Dr. H. Moeldoko, S.I.P.; Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Provinsi DKI Jakarta, Dr. Syafrin Liputo; Komisaris Utama PT Transjakarta, Sudirman Said, S.E., M.B.A.; Direktur Utama PT Transjakarta, M. Yana Aditya; Direktur Utama PT MAB, Kelik Irwantono; dan Direktur Teknik PT MAB, Bambang Tri Soepandji.

Menurut, Dr. Moeldoko, inovasi karya anak bangsa diharapkan mampu menggantikan peran kendaraan umum yang tidak ramah lingkungan. “Keberadaan Bus Listrik UI ini semoga dapat segera direalisasikan secara merata, khususnya di pinggiran Ibu Kota Jakarta yang tingkat polusinya luar biasa akibat  padatnya kendaraan tidak ramah lingkungan,” katanya.

Bus Listrik UI akan diujicobakan pada lintasan Transjakarta selama tiga bulan, yaitu dari 1 Agustus hingga akhir Oktober 2022 dengan rute Dukuh Atas 2–Ragunan (Koridor 6). Uji coba ini sekaligus menjadi uji coba bus listrik lokal pertama yang mengaspal di jalur Transjakarta. Bus listrik akan  melayani pelanggan di koridor atau bus rapid transit (BRT) pada pukul 05.00–22.00 WIB dengan harga  tiket sebesar Rp3.500,00.

Kelik Irwantono menyambut baik kerja sama ini. Menurut Kelik, langkah ini merupakan bentuk  komitmen PT MAB dan UI untuk menjadikan Kota Jakarta lebih hijau dan rindang. Bus Listrik UI tipe MD12E NF diujicobakan dengan daya tampung 48 penumpang. Dengan kekuatan baterai 315,85 kWh, Bus Listrik UI mampu menempuh jarak 250 km dengan hanya membutuhkan pengisian daya baterai selama 1,5–2 jam. (M-4)

Baca Juga

dok.ist

Bappenas Kembali Digeruduk Massa Minta Suharso Mundur dari Jabatannya

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 21:52 WIB
GEDUNG Bappenas kembali digeruduk oleh masa aksi dari Aliansi Mahasiswa Menggugat (AMAM), mereka meminta Menteri Suharso Monoarfa mundur...
ANTARA/Asprilla Dwi Adha

989 Warga Binaan Rutan Kota Depok Dapat Remisi Kemerdekaan

👤Kisar Rajaguguk 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 21:45 WIB
Pemberian remisi juga diharapkan bisa membantu mengurangi kapasitas hunian...
DOK.MI

Polisi Periksa Guru SMKN Jakpus yang Diduga Aniaya Murid

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 21:31 WIB
Polsek Sawah Besar telah memeriksa terduga pelaku yang merupakan guru olahraga tersebut. Selain itu, pihaknya juga memeriksa saksi, seperti...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya