Selasa 29 Maret 2022, 15:33 WIB

Target Penonton Formula E Merosot dari 90 Ribu ke 10 Ribu, PSI: Dibohongi Berjamaah

Hilda Julaika | Megapolitan
Target Penonton Formula E Merosot dari 90 Ribu ke 10 Ribu, PSI: Dibohongi Berjamaah

AFP/Kenzo Triblouillard
Balapan Formula E

 

WAKIL Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta, Anggara Wicitra Sastroamidjodjo, mengutarakan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) merasa dibohongi secara berjamaan terkait jumlah penonton Formula E. 

Ia mengungkapkan, pada pada awalnya Jakpro menargetkan jumlah penonton Formula E yang akan digelar pada 4 Juni 2022 mendatang mencapai 90.000 orang, bukan 50.000 orang. Namun, kini kembali berubah menjadi 10.000 orang saja. 

Baca juga: Patuhi Aturan Lalu Lintas di Tol, Berikut 5 Ruas Bakal Dipasang ETLE

“Itu 90.000 bukan saya yang bilang, itu datanya mereka. Kemudian beberapa waktu yang lalu kalau nggak salah Direktur Utama (Dirut) sebut jadi 50.000 kita masih diem. Tapi ketika 10.000 dibohongin berjamaah Namanya,” kata Anggara saat dikonfirmasi, Selasa (29/3). 

Padahal menurutnya, segala hal berkaitan Formula E ini seharusnya berdasarkan studi kelayakan atau feasibility study (FS). Sebelumnya, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) bahkan sudah meminta Jakpro untuk merevisi FS Formula E. Namun, hingga kini belum pernah dilakukan. 

“Kita kan mengangkat ini karena mereka punya tanggung jawab untuk melakukan revisi. Itu bukan PSI yang minta, tapi dari BPK. Dokumen itu gak pernah dibuat dan kalaupun pernah dibuat tolong diserahkan kepada kami, karena yang harus diingat, ini kan mereka klaim tidak pakai APBD, tapi kan Rp560 miliar yang sudah masuk itu APBD semua,” ungkapnya.

“Jadi jangan mengaburkan permasalahan. Sekarang pakai logika sederhana, kalau ini menguntungkan, pihak swasta mana mau sih bayarin komitmen fee sebesar itu,” sambungnya.

Sebelumnya, VP Communication Organizing Comite Formula E Jakarta, Iman Syafei angkat suara terkait menyusutnya kapasitas penonton ajang balap mobil listrik bertaraf internasional itu.

Pada awalnya, PT JakPro selaku penyelenggara Formula E Jakarta 2022 membidik kapasitas tribun penonton di sirkuit Formula E Ancol mencapai 50.000 orang. Namun, saat ini kapasitas penonton yang akan dibangun di Sirkuit Formula E di Ancol hanya bisa mencapai kapasitas sebanyak 10.000 orang.

Menurutnya, angka 10.000 kursi penonton yang disiapkan itu masih jumlah minimal.

Adapun, nantinya pihak penyelenggara dan panitia pelaksana sudah memperkirakan di mana saja titik 10.000 penonton. Karena itu, jumlah kursi penonton yang disiapkan masih bisa lebih dari itu.

"Kan ada beberapa spot penonton. Area yang kemarin sudah di-approve (sepakati) itu 10 ribu. Yang sisanya, ini masih dalam otak-atik angka itu. Cuma, sudah pasti di atas 10 ribu," katanya, Senin (28/3). (OL-6)

Baca Juga

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Kamaruddin Sebut Dendam Motif Pembunuhan Brigadir J

👤Siti Yona Hukmana 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 21:16 WIB
Kuasa hukum mengapresiasi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang berani membuka otak pelaku penembakan Brigadir...
dok.ist

Komunitas Ojol Jakarta Utara Gaungkan Ganjar Presiden 2024

👤Selamat Saragih 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 21:09 WIB
KOLABORASI Warung Tegal (Kowarteg) Indonesia kembali blusukan ke kalangan masyarakat kebanyakan di Jakarta Utara. Kali ini, ke komunitas...
Dok. Diskominfo kota Medan

Kahiyang Ayu Pimpin TP PKK Kota Medan Kunjungi Kota Tangsel

👤Syarief Oebaidillah 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 21:08 WIB
Kunjungan TP PKK Kota Medan yang diketuai Kahiyang Ayu diterima Wali Kota Benyamin Davnie, bersama Ketua TP PKK Kota Tangsel Tini...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya