Jumat 18 Februari 2022, 16:22 WIB

Atap Buka Tutup JIS Mulai Dipasang

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Atap Buka Tutup JIS Mulai Dipasang

ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Jakarta International Stadium

 

JAKARTA International Stadium (JIS) yang merupakan kegiatan strategis daerah (KSD) nomor 10 kini memasuki fase pemasangan atap buka tutup atau retractable roof. Atap ini menjadikan JIS sebagai salah satu icon unik satu-satunya di Jakarta, bahkan Indonesia yang menggunakan atap buka tutup. Adanya atap ini memungkinkan stadion dapat digunakan pada saat hujan ataupun saat panas terik siang hari sehingga pertandingan, konser, konferensi, maupun kegiatan lainya dapat terus berlangsung.

"Hingga minggu ke-128 (18 Februari 2022) realisasi pembangunan JIS telah mencapai 96,97 % dari rencana 95,67%. Artinya terdapat deviasi positif sebesar 1,30%," kata Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Nadia Diposanjoyo dalam keterangan resmi, Jumat (18/2).

Baca juga: Bukukan Investasi Rp103 Triliun, DKI Diganjar Penghargaan dari BKPM

Kini, JIS sedang mengerjakan pemasangan atap buka-tutup atau Retractable roof, membran ETFE, sky view deck, perapihan precast tribun, serta pemasangan kursi regular. Selain itu, juga tengah dikerjakan penyelesaian area concourse, penyelesaian jahitan pada segmen facade, hardscape, dan landscape di sebelah barat dan ramp timur, serta pekerjaan GWT (Ground Water Tank) dan MEP plant.

Meski pembangunan JIS masih memasuki tahap akhir, tapi JIS sudah ditunjuk menjadi venue pada acara bincang Urban 20 dengan tema: Isu Perkotaan pada Presidensi G20 Indonesia. Acara ini pun merupakan bagian dari rangkaian ditunjuknya Kota Jakarta sebagai tuan rumah pertemuan puncak para pemimpin kota dunia dalam acara Urban 20 (U20) Mayors Summit 2022, sebagai bagian dari agenda Presidensi G20 Indonesia.

Mengawali kesiapan Jakarta menjadi tuan rumah U20 Mayor Summit 2022 kemarin menghadiri Bincang U20 di JIS bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil selaku U20 Co-Chair, CEO Sintesa Group Shinta Wijaya Kamdani selaku B20 Chair, Ketua Masyarakat Energi Terbarukan (METI) Surya Dharma, dan dimoderatori oleh Founder Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) Dino Patty Djalal. Adapun isu yang dibahas yakni isu perekonomian, transformasi digital, hingga energi terbarukan di tengah pandemi Covid-19.

Lebih dari itu, ditunjuknya JIS sebagai venue pertemuan bergensi ini, sekaligus mengukuhkan bahwa JIS merupakan salah satu ikon baru Kota Jakarta. Selain itu, bangunan JIS sangat relevan dengan isu yang dibawa oleh U20. Sebab, JIS dirancang sebagai salah satu bangunan mega struktur yang mengadopsi bangunan ramah lingkungan. Atas visi dan komitmen itu pula, JIS menjadi satu-satunya stadion di Indonesia yang memperoleh sertifikat green building level platinum atau level tertinggi dalam penilaian bangunan hijau yang ramah lingkungan.

“Jadi JIS menjadi pengalaman yang baru, pengalaman kelas dunia, dan nantinya prestasi kelas dunia muncul dari tempat ini,” ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di sela acara Bincang U20 di JIS, Rabu (16/2) seperti dikutip di salah satu Channel Youtube.

Anies, mengaku sangat bersyukur atas capaian pembangunan JIS yang telah memasuki fase akhir. Sebab, JIS merupakan salah satu ikon baru Kota Jakarta yang berkelas dunia. 

Selama proses pembangunannya pun tidak sederhana, melainkan prosesnya sangat kompleks. Misalnya saja, untuk atap buka tutupnya atau Retractable roof diangkat dengan tenaga dan resiko yang luar biasa besar. Sebab diangkat dalam waktu bersamaan seberat 3,900 ton. Keberhasilan ini pun sudah tercatat dalam rekor MURI.

Oleh karena itu, Anies berharap fasilitas kelas dunia JIS bisa menorehkan sejarah dan prestasi gemilang bagi dunia olahraga, khususnya sepakbola di Jakarta dan Indonesia. Selain itu, ia mengajak warga Jakarta untuk turut serta menjaga dan memiliki stadion kelas dunia ini. 

Dengan rasa kebersamaan itu pula, warga Jakarta akan merasakan pengalaman yang baru berkunjung di stadion berkelas dunia.

“Jadi JIS menjadi pengalaman yang baru, pengalaman kelas dunia, dan nantinya prestasi kelas dunia muncul dari tempat ini,” imbuhnya. (OL-6)

Baca Juga

dok.ist

Milenial Fest Jabodetabek Gemakan Ganjar Pranowo Presiden 2024

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 14:42 WIB
RELAWAN Ganjar Milenial Jabodetabek berhasil menggaet ribuan mahasiswa dan milenial untuk masuk ke dalam barisan pendukung aspirasi...
Antara

Bertemu Menlu Jepang, Anies: Dia Teman Lama

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 14:42 WIB
Gubernur DKI Jakarta itu sudah mengenal Menlu Jepang Yoshimasha Hayashi sejak 14 tahun lalu. Tepatnya, sejak melakukan kunjungan kerja...
HO

BMI DKI Beri Ruang Anak Muda Berkreasi dan Berekspresi Dalam Politik

👤Widhoroso 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 13:54 WIB
BMI DKI Jakarta meneguhkan tekad untuk terus membangun gerakan dan membuka ruang seluas-luasnya bagi para pemuda berkreasi dan berekspresi,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya