Kamis 04 November 2021, 14:12 WIB

Pekan Depan, Ganjil Genap Berpotensi Berlaku di 25 Ruas Jalan

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Pekan Depan, Ganjil Genap Berpotensi Berlaku di 25 Ruas Jalan

MI/Ramdani
Penerapan aturan ganjil-genap di masa PPKM

 

KEBIJAKAN pembatasan kendaraan pribadi dengan ganjil genap nomor plat kendaraan saat ini masih berlaku di 13 ruas jalan. Namun, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono mengatakan, kebijakan itu berpotensi dikembalikan penerapannya seperti sebelum masa pandemi yakni pada 25 ruas jalan sesuai Peraturan Gubernur No 88 tahun 2019.

Argo menyebut, selama PPKM level 2 sebelumnya, telah terjadi kenaikan kepadatan lalu lintas. Untuk itu, ia akan melakukan pemantauan selama sepekan ini setelah Jakarta menerapkan PPKM level 1 di mana semakin banyak pelonggaran di sektor ekonomi yang dapat berdampak pada naiknya mobilitas warga.

Baca juga: Kapolda Metro Perintahkan Berantas Titik Pungli, Bakal Digantikan E-Tilang

"Kita pantau sepekan ini sampai Senin. Kalau ada peningkatan kepadatan lalu lintas naik tajam 40% sampai mendekati normal seperti sebelum pandemi, sangat mungkin ganjil genap akan kita kembalikan di 25 ruas jalan," kata Argo dalam webinar bertajuk 'Selamat Datang Macet, Selamat Tinggal Pandemi?' yang digelar oleh Masyarakat Transportasi Indonesia, Kamis (4/11).

Salah satu hal yang dapat menjadi indikator pihaknya dapat meningkatkan jumlah ruas jalan yang menjadi kawasan ganjil genap selain kepadatan lalu lintas juga adalah menurunnya tingkat kecepatan rata-rata kendaraan.

"Misalnya di tol itu maksimal kecepatan kendaraan adalah 60km/jam, tapi karena padat, kecepatan hanya 30km/jam dari awal sampai di luar tol juga. Nah, itu salah satu indikator artinya jalan sudah tak lancar dan kita perlu adakan rekayasa agar terjadi kelancaran," ungkap dia. (OL-6)

Baca Juga

Antara

55,9% Kasus Harian Covid-19 Berasal dari DKI

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Kamis 30 Juni 2022, 22:54 WIB
Kasus covid-19 di Indonesia bertambah 2.248 pada Kamis...
ANTARA FOTO/Chairul R

Ada Layangan dari Mancanegara Lho di Museum Layang-Layang

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 22:26 WIB
Layang-layang yang berasal dari berbagai belahan dunia ini didapat karena pemberian atau cindera mata ketika pengelola Museum Layang-layang...
MEDCOM

Lima Mobil Terlibat Tabrakan Beruntun di Tol Japek

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 22:20 WIB
Kecelakaan beruntun itu terjadi saat bus PO Bina Sejahtera Guvilli yang dikemudikan Asep Kurnia melintas di lajur tiga, dari arah Jakarta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya