Kamis 04 November 2021, 13:13 WIB

Kapolda Metro Perintahkan Berantas Titik Pungli, Bakal Digantikan E-Tilang

Hilda Julaika | Megapolitan
Kapolda Metro Perintahkan Berantas Titik Pungli, Bakal Digantikan E-Tilang

MI/PIUS ERLANGGA
Ilustrasi - Sejumlah kamera cctv terpasang di perempatan Jalan Gunung Sahari, Jakarta.

 

KAPOLDA Metro Jaya Irjen Fadil mengarahkan jajarannya untuk mengidentifikasikan titik-titik pungutan liar (pungli) di wilayahnya. Termasuk menindak oknum polisi yang kerap melakukan pungli. Hal ini dilakukan guna membersihkan titik pungli yang merugikan masyarakat.

"Kami diperintahkan untuk mengidentifikasi lokasi-lokasi mana yang sering banyak pungli dan sering digunakan oleh oknum polantas. Untuk kita bersihkan dan tindak oknum tersebut," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, di Balai Pertemuan Metro Jaya (BPMJ), Polda Metro Jaya, Kamis (4/11).

Baca juga: Polisi Bakal Bahan Teknis Sanksi Uji Emisi Kendaraan dengan Dishub

Nantinya, di titik-titik tersebut akan digantikan dengan e-tilang. Sehingga tidak lagi terjadi pungli oleh anggota di lapangan terhadp pelanggar lalu lintas. "Saya kira itu, dan kami siap menjalani perintah tersebut," jelasnya.

Selain itu, arahan dari Kapolda juga meminta anggotanya untuk mengurangi kesalahan di lapangan. Pasalnya, jika ditemukan bukti pidana dalam pelanggaran tersebut akan ditindak tegas. Bahkan bisa dilakukan pemecatan atau pemberhentian tidak kehormat.

"Kalau memang di situ ditemukan pidananya akan kita lakukan pidana. Juga kalau memang harus untuk, jalan terakhirnya dipecat, diberhentikan dengan tidak hormat, itu akan dilakukan jika memang terbukti nanti," kata Kabid Humas Polda Metro di BPMJ, Polda Metro Jaya, Kamis (4/11).

Pada intinya, sambung Yusri, Kapolda Metro mengingatkan lagi para anggota di lapangan untuk bisa bekerja secara profesional. 

"Mengurangi segala bentuk keselahan-kesalahan yang dilakukan oleh anggota di lapangan. Karena sekarang lagi marak sekali ini, bagaimana ditemukan adanya anggota anggota melakukan pelanggaran pelanggaran," imbuhnya. (OL-6)

Baca Juga

Antara

55,9% Kasus Harian Covid-19 Berasal dari DKI

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Kamis 30 Juni 2022, 22:54 WIB
Kasus covid-19 di Indonesia bertambah 2.248 pada Kamis...
ANTARA FOTO/Chairul R

Ada Layangan dari Mancanegara Lho di Museum Layang-Layang

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 22:26 WIB
Layang-layang yang berasal dari berbagai belahan dunia ini didapat karena pemberian atau cindera mata ketika pengelola Museum Layang-layang...
MEDCOM

Lima Mobil Terlibat Tabrakan Beruntun di Tol Japek

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 22:20 WIB
Kecelakaan beruntun itu terjadi saat bus PO Bina Sejahtera Guvilli yang dikemudikan Asep Kurnia melintas di lajur tiga, dari arah Jakarta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya