Minggu 18 Juli 2021, 14:53 WIB

Polisi: Utamakan Distribusi Daging Kurban kepada Warga Isoman

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Megapolitan
Polisi: Utamakan Distribusi Daging Kurban kepada Warga Isoman

Antara/Aprillio Akbar.
Pekerja memotong daging sapi kurban di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) PD Dharma Jaya, Cakung, Jakarta, Jumat (31/7).

 

POLISI mengimbau panitia mengutamakan pembagian daging kurban pada Iduladha 2021 kepada warga yang terpapar covid-19 dan tengah menjalani isolasi mandiri (isoman), khususnya di DKI Jakarta.

"Nanti ada pembagian hasil potong hewan kurban ke masyarakat. Kami mengutamakan masyarakat yang sedang melaksanakan isoman agar suasana Iduladha saling berbagi kepada sesama tidak kurang rasa khidmatnya," papar Kapolsek Sawah Besar Ajun Komisaris Maulana Makarom, Minggu (18/7).

Selain itu, ia mengatakan akan melihat di lapangan mengenai imbauan dari Menteri Agama tentang penyembelihan hewan yang dilakukan selama tiga hari agar tidak terjadi antrean warga. Pihaknya akan tetap melaksanakan kegiatan PPKM Darurat mulai dari penyekatan, penerapan jam malam, hingga pembatasan mobilitas masyarakat saat Hari Raya Iduladha 2021 pada Selasa mendatang.

Kapolsek Tebet Komisaris Alexander Yurikho mengatakan empat pilar dari Polri, TNI, aparat pemerintah daerah, dan tenaga kesehatan jauh-jauh hari telah gencar memberikan imbauan kepada warga untuk menerapkan protokol kesehatan saat perayaan Iduladha, khususnya saat penyembelihan hewan kurban. Dalam proses penyembelihan hewan kurban, pihaknya telah memberikan imbauan agar dilakukan di tempat pemotongan hewan (TPH) atau rumah pemotongan hewan (RPH).

Sesuai Surat Edaran (SE) Menag Nomor 17 Tahun 2021 tentang Peniadaan Sementara Peribadatan di Tempat Ibadah, Malam Takbiran, Shalat Iduladha dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kurban Tahun 1442 Hijriah/2021 Masehi di wilayah PPKM Darurat, penyembelihan hanya boleh dihadiri oleh panitia kurban dan disaksikan oleh pihak yang berkurban. Kemudian, pembagian daging kurban juga harus diantarkan ke warga yang memang berhak menerimanya.

Baca juga: Brand Fesyen Ini Gandeng Warteg Bagikan Paket Makanan selama PPKM Darurat

Selain itu, pihaknya juga telah memberikan imbauan agar warga yang ingin membeli hewan kurban dapat dilakukan secara daring. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan di tempat penjualan hewan kurban. "Dalam rangka mencegah penyebaran covid-19, Iduladha tahun ini tetap menjaga prokes," pungkasnya. (OL-14)

Baca Juga

dok.Ant

Lokasi Bayar Pajak Kendaraan di Jadetabek Selasa Ini

👤Muhamad Fauzi 🕔Selasa 07 Desember 2021, 07:15 WIB
Selasa ini ada 14 titik layanan Samsat pembayaran pajak kendaraan tersebar untuk wilayah Jakarta, Depok, Tangerang dan...
Dok. Hipmi Jaya

Hipmi Jaya Kukuhkan 315 Anggota Baru

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Desember 2021, 23:38 WIB
"Pengukuhan anggota baru merupakan salah satu program kerja BPD HIPMI Jaya dalam rangka pengembangan program kaderisasi serta dalam...
 ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Pasca-Kebakaran Gedung Cyber, Data Center ISC Tetap Berfungsi Normal 

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Desember 2021, 20:18 WIB
Data center ISC dapat beropersi dan tak mengalami ganguan karena Data Center ISC Cyber-1 telah memiliki sertifikasi Tier III Facility dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya