Selasa 13 Juli 2021, 07:22 WIB

Ridwan Kamil Angkat Plh Sekda Jadi Plh Bupati Bekasi

Rudi Kurniawansyah | Megapolitan
Ridwan Kamil Angkat Plh Sekda Jadi Plh Bupati Bekasi

Antara
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

 

GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil mengangkat Pelaksana harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi Herman Hanafi yang juga menjabat sebagai Kepala Bapenda menjadi Plh Bupati Bekasi.

Langkah itu sesuai dengan arahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk mengisi kosongnya kepemimpinan daerah usai wafatnya Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja yang terpapar covid-19 pada Minggu (11/7) malam lalu.

"Saya dapat arahan dari Kemendagri untuk mengangkat Sekda dulu sebagai Plh sampai dua atau tiga hari ini akan diputuskan oleh Kemendagri,” kata Ridwan Kamil dalam keterangannya, Selasa (12/7).

Selain itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga diminta secara khusus oleh Menko Marinves yang juga Koordinator PPKM darurat untuk proaktif menangani covid-19 di Kabupaten Bekasi.

"Arahan Pak Luhut untuk Covid-19, saya diminta proaktif untuk mengambil banyak inisiatif di Kabupaten Bekasi karena Bupatinya meninggal dunia belum punya wakil," jelas Ridwan.

Sebelumnya Kemendagri juga menegaskan tidak ada kekosongan kepala daerah di Kabupaten Bekasi, pasca Bupati Eka Supria Atmaja meninggal dunia karena covid-19. Plh Sekda Pemkab Bekasi akan menjabat Plh Bupati.

"Saat ini Plh Sekda akan melaksanakan tugas kepala daerah sehari-hari (Plh Bupati)," kata Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Benni Irwan.

Ia menjelaskan, penunjukan Plh Sekda sebagai Plh Bupati telah sesuai ketentuan undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah. Hal itu lantaran jabatan Wakil Bupati Bekasi juga masih kosong hingga saat ini. Sementara Sekda Kabupaten Bekasi definitif sebelumnya, Uju M, telah habis masa jabatannya pada 1 Juli 2021 dan memasuki purnabakti.(OL-13)

Baca Juga: Korban Minta Bappebti Segera Tuntaskan Kasus PT MIF dan PT SAM

Baca Juga

Antara

Ada ANBK Tingkat SMA, PTM di Jakarta Harus Ditunda

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 26 September 2021, 17:50 WIB
Dinas Pendidikan DKI Jakarta khawatir jika PTM terbatas tahap II tetap dijalankan selama ANBK tingkat SMA, dapat menciptakan kerumunan di...
Antara

Soal Polemik Formula E, DPRD DKI: Kami Juga Terkena Dampak

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 26 September 2021, 16:40 WIB
DPRD menyatakan juga akan mengalami kesulitan, jika menyetujui penggunaan APBD untuk Formula E, yang dinilai tidak bermanfaat bagi...
DOK Sinar Mas Land.

Dukung BNN, Sinar Mas Land Berpartisipasi dalam Kampanye Antinarkoba

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 September 2021, 13:54 WIB
Kedua lokasi tersebut dipilih mengingat posisinya yang strategis di BSD City serta arus lalu lintasnya yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya