Kamis 24 Juni 2021, 08:25 WIB

Bantah Ada Truk Angkut Jenazah, Wagub DKI: Ambulans Masih Ada!

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Bantah Ada Truk Angkut Jenazah, Wagub DKI: Ambulans Masih Ada!

MI/ANDRI WIDIYANTO
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria

 

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria gusar dengan viralnya foto truk Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI bertempelkan spanduk 'Mobil Angkutan Jenazah' yang dikaitkan sebagai mobil pengangkut jenazah covid-19 di dunia maya.

Ia menegaskan, hingga saat ini, belum ada jenazah pasien covid-19 maupun jenazah akibat kematian lainnya yang diangkut ke TPU menggunakan truk.

"Jadi belum ada pengangkutan jenazah dengan truk. Jangan sampai salah. Belum ada pengangkutan jenazah covid-19 dengan truk. Semua jenazah covid-19 diantar dengan ambulans," tegas Riza di Balai Kota, Rabu (23/6) malam.

Baca juga: Pengetatan PPKM, Masjid Raya Jakarta Islamic Center Tutup Hingga 5 Juli

Menurut dia, angkutan ambulans mobil jenazah di Jakarta masih cukup banyak untuk mengangkut jenazah meski ada lonjakan kematian.

Seluruh Puskesmas, baik tingkat kelurahan maupun kecamatan, RSUD, RS swasta, PMI, belum lagi klinik, hingga masjid-masjid memiliki mobil jenazah yang dapat digunakan.

"Ambulans di Jakarta lebih dari 50. Teman-teman kami, saya, parpol, rata-rata parpol punya ambulans yang banyak. Itu juga bisa digunakan. Belum lagi RS, puskesmas dan lain-lain. Jadi Insya Allah jenazah covid-19 akan tetap diantar dengan ambulans," pungkasnya.

Di sisi lain, Ariza menjelaskan kronologi munculnya foto truk pengangkut jenazah itu. Mantan anggota DPR RI itu menyebut, kemungkinan ada pembahasan pengangkutan jenazah dengan truk di Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI disebabkan lonjakan kasus. Dinas tersebut khawatir antrean jenazah yang sangat panjang sehingga membahas melalui simulasi.

"Kalau pembahasannya semua kemungkinan harus dibahas. Termasuk kita menyiapkan petak makam. Jumlahnya 11.643 petak. Sudah disiapkan dan kita tidak ingin ini dipenuhi karena kita ingin semua segera sembuh kembali ke rumah masing-masing," tandasnya. (OL-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha

440 ribu Pengusaha UKM di Jakarta Bakal Dapat Dana Banpres

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 02 Agustus 2021, 09:15 WIB
Dana bantuan diberikan dengan besaran untuk masing-masing pelaku usaha mikro sebesar Rp1,2...
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Polda Metro dan Gojek Siap Sukseskan Vaksinasi Bagi 3 Juta Warga Jakarta

👤Despian Nurhidayat 🕔Senin 02 Agustus 2021, 09:02 WIB
Kolaborasi bersama Polda Metro Jaya merupakan inisiatif yang memiliki semangat untuk #BangkitBersama Gojek dan menjadi semakin tangguh di...
ANTARA/Reno Esnir

7.225 Orang Ikuti Vaksinasi Covid-19 di Stasiun MRT Jakarta

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 02 Agustus 2021, 08:45 WIB
PT MRT Jakarta (Perseroda) berharap agar target 20 ribu orang dalam vaksinasi ini dapat tercapai sehingga kekebalan kelompok dapat segera...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pembangunan Berkelanjutan demi Keselamatan Bersama

 Sektor keuangan memiliki peran besar dalam mengarahkan perubahan menuju penerapan green economy

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya