Senin 21 Juni 2021, 20:09 WIB

Kasus Aktif Covid-19 di DKI Diprediksi Naik Tujuh Kali Lipat Agustus

Selamat Saragih | Megapolitan
Kasus Aktif Covid-19 di DKI Diprediksi Naik Tujuh Kali Lipat Agustus

MI/VICKY GUSTIAWAN
Petugas membawa peti jenazah untuk dimakamkan dengan protokol covid-19 di TPU Rorotan

 

PECAHNYA rekor kasus harian Covid-19 di DKI Jakarta dengan kondisi sekarang jumlahnya 5.000 kasus lebih per hari ternyata akan terus menanjak.

Transmisi virus covid-19 secara besar-besaran diprediksi baru akan terjadi dalam waktu mendatang, terlebih varian baru korona yang lebih menular baru terdeteksi di Ibu Kota.

Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta memprediksi jumlah pasien Covid-19 akan meledak pada Agustus nanti dengan angka mencapai total 218.000 kasus aktif.

Saat ini, kasus aktif di Jakarta ada pada angka 30.142 orang. Artinya, pasien yang butuh perawatan ataupun isolasi nantinya bisa meningkat tujuh kali lipat dari sekarang.

Sebelumnya, selama masa pandemi Covid-19, kasus aktif tertinggi tercatatkan pada September 2020 dan Februari 2021. Namun, angkanya hanya berada di kisaran 26.000 kasus.

"Kalau kita lakukan prediksi itu bisa sampai tembus kasus aktif harian mencapai lebih dari 70.000 kasus. Bahkan kalau sampai Agustus bisa sampai 218.000," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) DKI, Widyastuti, di Jakarta, Senin (21/6).

Prediksi ledakan kasus aktif setinggi itu tidak terlepas dari hadirnya varian baru virus corona di Jakarta yakni varian Alpha (B.117), Beta (B.1.351), dan Delta (B.1617.2) lebih menular dan menimbulkan gejala.

Widyastuti mengatakan, prediksi dilakukan untuk memperhitungkan intervensi yang akan diterapkan. Tentu harus bersifat lebih masif dari sebelumnya.

Widyastuti menyampaikan soal pembatasan mobilitas tidak bisa dilakukan hanya di wilayah Jakarta dan sekitarnya untuk menekan penyebaran.

"Tahun ini dengan maraknya kasus di provinsi lain tentu dibutuhkan pembatasan mobilisasi yang lebih luas," pungkasnya. (OL-8)

 

Baca Juga

ANTARA/M Risyal Hidayat

Plt Wali Kota Jaksel Ingatkan Warga tidak Paksakan Diri Isoman di Rumah

👤Aria Vedder 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 07:15 WIB
Menurut Isnawa, warga terpapar covid-19 akan lebih terjamin penagangannya jika berada di tempat isolasi terkendali yang disediakan...
MI/M. Irfan

Ini Alasan Anies Jadikan Vaksin Syarat Wajib Kegiatan Usaha

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 01:03 WIB
“Dari 4,2 juta orang ber-KTP DKI Jakarta yang sudah divaksin minimal dosis pertama, hanya 2,3% yang tetap terinfeksi. Angkanya kecil...
MI/Kisar Rajagukguk

Siswa Miskin di Depok Ditolak Masuk Sekolah

👤Kisar Rajagukguk 🕔Sabtu 31 Juli 2021, 17:49 WIB
RATUSAN lulusan sekolah nenengah pertama (SMP) dari keluarga kurang mampu di Kota Depok terancam putus sekolah lantaran ditolak...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pemerintah Afghanistan Hadapi Krisis Eksistensial

 Laporan SIGAR menggarisbawahi kekhawatiran pasukan Afghanistan tidak siap untuk melakukan pertahanan yang berarti

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya