Rabu 21 April 2021, 23:38 WIB

Satpas SIM Daan Mogot Terapkan Protokol Kesehatan Ketat  

Cahya Mulyana | Megapolitan
Satpas SIM Daan Mogot Terapkan Protokol Kesehatan Ketat  

Antara/Nova Wahyudi
Layanan di Satpas SIM Daan Mogot

 

PROTOKOL kesehatan (Prokes) guna pencegahan virus korona (Covid-19) tertanam bahkan sudah menjadi budaya di lingkungan Kantor Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) Surat Izin Mengemudi (SIM) Polda Metro Jaya. 

Setiap sudut dan ruangan di kantor yang fokus melayani perizinan berkendara yang berada di Jalan Raya Daan Mogot, Cengkareng, Jakarta Barat itu lekat dengan anjuran jaga jarak, masker hingga ketersediaan fasilitas cuci tangan.

Berdasarkan pantauan langsung Media Indonesia, pada Rabu (21/4), terlihat seluruh petugas yang setiap harinya berkhidmat untuk masyarakat yang ingin membuat atau memperpanjang SIM ini menjalankan prokes secara ketat. Masyarakat yang hendak memasuki area Satpas SIM Polda Metro Jaya langsung disuguhkan dengan banner berisikan anjuran penerapan protokol kesehatan. 

Area parkir motor maupun mobil turut menjadi sasaran kampanye kepada masyarakat untuk terus menjalankan upaya pemutusan rantai penularan covid-19. Anjuran dengan berbagai variasi juga terpampang di berbagai sudut, mulai loket pendaftaran, pemeriksaan kesehatan, ujian peraturan berkendara, pembayaran administrasi hingga pengambilan SIM. 

Tempat duduk di semua tahapan itu juga tak luput dari mekanisme jaga jarak. Empat kursi hanya diisi dua saja, sisanya tidak diperkenankan untuk diduduki. 

Maka wajar semua pemohon SIM tak ada yang berani mengindahkan prokes. Ketertiban ini seakan menjadi budaya yang kental di Satpas SIM Polda Metro Jaya karena tak terlihat ada petugas maupun masyarakat yang mengabaikan prokes. 

Kesan ini kental dan seolah menjadi budaya yang sudah tertanam lama di lingkungan ini. Kemudian anjuran lain juga terpampang dan memberi pesan kuat kepada masyarakat yakni menghindari calo. 

Integritas dan penerapan prokes ini menyempurnakan layanan para petugasnya yang ramah terhadap setiap masyarakat yang datang. Perpanjangan SIM juga sudah bisa dilakukan secara daring melalui layanan SIM Nasional Presisi (SINAR).

Baca juga : Polda Usulkan Penambahan Angkutan Umum jika Terapkan Ganjil-Genap

Langkah maju ini sudah dirilis pada Selasa (13/4). Pemohon perpanjangan tidak perlu lagi datang ke Satpas tapi cukup melakukan aktivasi dan mengikuti instruksi di aplikasi tersebut. 

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan SINAR akan melengkapi layanan SIM keliling dan sejenisnya. Masyarakat pun akan semakin dimudahkan dengan terbosan layanan baru, SINAR. 

"Penambahan layanan secara online hanya untuk mempermudah saja. Jadi baik SIM keliling, kantor Satpas, gerai SIM, dan sebagainya masih bisa dimanfaatkan untuk melakukan perpanjangan SIM," kata dia dalam keterangan resmi. 

Layanan SIM secara daring tidak berstatus sebagai pengganti melainkan pelengkap. "Misalkan lagi di luar daerah atau luar negeri, tidak bisa melakukan perpanjangan SIM secara langsung, bisa menggunakan online," terangnya. 

Langkah ini merupakan satu dari program 100 hari kerja Kapolri Jenderal Sigit Prabowo dalam bidang transformasi pelayanan publik berbasis IT dan terintegrasi. 

Layanan SINAR terdapat di Play Store. Pemohon hanya perlu mengisi berbagai data yang dibutuhkan, mulai dari nomor SIM, foto KTP, foto SIM asli, Pas foto, hingga melakukan verifikasi hasil tes kesehatan dan psikologi. 

Lalu untuk proses pembayarannya, saat ini baru bisa menggunakan metode pembayaran virtual account BNI. Nantinya pemohon bisa mengambil SIM langsung di kantor Satpas, diwakilkan orang lain dengan surat kuasa atau menggunakan jasa pengiriman Kantor Pos. (OL-7)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

129 Pengendara yang Lewat Puncak Bogor Diminta Putar Balik

👤Antara 🕔Kamis 06 Mei 2021, 22:25 WIB
Sebagian besar kendaraan yang diputar balik memiliki tujuan ke tempat...
MI/Ramdani

Polda Metro Pastikan tidak Akan Ada Pemudik yang Lolos

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 06 Mei 2021, 21:41 WIB
Polda Metro Jaya memastikan tidak ada pemudik yang bisa lolos dari penyekatan mudik Operasi Ketupat Jaya 2021 yang digelar sesuai kebijakan...
MI/Andri Widiyanto.

Hari Pertama Larangan Mudik, Terminal Kampung Rambutan Lengang

👤Hilda Julaika 🕔Kamis 06 Mei 2021, 21:24 WIB
Meskipun layanan bus AKAP dihentikan sementara, 25 pegawai di kantor ini tetap masuk seperti...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Citarum Mulai Harum

  Sudah tiga tahun Sungai Citarum dikeroyok. Sampah mulai berkurang, air terlihat lebih bersih.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya