Jumat 05 Maret 2021, 12:29 WIB

Petugas Hadang Pemotor yang Ngotot Terobos Jalur TransJakarta

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Petugas Hadang Pemotor yang Ngotot Terobos Jalur TransJakarta

MI/Immanuel Antonius
Ilustrasi: Pengendara sepeda motor menerobos masuk ke dalam jalur Bus Trans-Jakarta di kawasan Pasar Rumput

 

SEBUAH video yang beredar di media sosial menampilkan arogansi para pengendara kendaraan bermotor yang ingin menerobos jalur Trans-Jakarta. Kejadian itu terjadi pada Rabu (3/3) pukul 07.40 WIB pada Koridor 3 rute Pasar Baru-Harmoni.

Dalam video itu terlihat belasan pemotor hendak menerobos jalur Trans-Jakarta yang sudah ditutup oleh portal dan dijaga dua petugas sterilisasi jalur. Padahal saat itu lalu lintas terlihat lancar dan tidak terjadi kemacetan.

Melihat petugas yang tetap tak bergeming, beberapa pemotor akhirnya beralih ke jalur biasa. Namun, seorang pemotor tetap ingin menerobos jalur hingga turun dari kendaraannya dan sempat ingin membuka paksa portal penutup jalur. Pemotor tersebut bahkan memarahi petugas hingga membuka helm dan masker yang digunakannya.

PT Trans-Jakarta menegaskan akan selalu konsisten dalam mengimplementasikan semua aturan yang berlaku, salah satunya Peraturan Daerah (Perda) DKI Jakarta Nomor 8 Tahun 2007, Pasal 2 ayat (7) yang menyatakan secara tegas bahwa kendaraan bermotor roda dua atau lebih dilarang memasuki jalur TransJakarta.

Direktur Operasional PT Transjakarta Prasetia Budi menyampaikan hingga saat ini masih banyak pengendara ‘nakal’ yang kedapatan nekat memasuki jalur TransJakarta.

“Kami sangat menyayangkan insiden ini karena jalur busway tidak diperuntukan untuk kendaraan selain Transjakarta. Nekat memasuki jalur busway bisa sangat berbahaya bagi diri sendiri juga pengendara lain,” ujar Prasetia dalam keterangan resminya, Jumat (5/3).

Baca juga: Petugas Transjakarta Gagalkan Aksi Bunuh Diri Di JPO

Kejadian ini, sambung Prasetia, bukan kali pertama, sudah sering terjadi dan bahkan memakan korban jiwa. Tidak sedikit dari pengendara tersebut justru balik memarahi petugas yang mengingatkan kesalahannya. Dengan alasan ini, Prasetia dengan tegas menyatakan Trans-Jakarta akan selalu tegas dalam menegakkan aturan aturan yang berlaku. Termasuk sesuai kewenangan yang dimiliki akan menindak tegas semua pengendara yang melanggar dan kedapatan menerobos jalur busway.

“Pengendara di video tersebut sedang kami selidiki identitasnya untuk tujuan penegakan aturan. Dengan ini kami berharap bisa menjadi contoh pengendara lain untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama,” tegasnya.

Prasetia menambahkan, untuk memastikan pengimplementasian peraturan ini berjalan dengan baik, Trans-Jakarta melengkapi semua armada dengan CCTV baik di bagian depan dan belakang bus, menyediakan portal-portal khususnya di daerah padat serta menurunkan petugas sterilisasi jalur.

“Kami juga bekerja sama dengan Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Selanjutnya, TransJakarta mengimbau semua masyarakat untuk mari bersama-sama menjalankan aturan yang berlaku dengan semestinya,” tukasnya.

Di luar itu, TransJakarta tetap mengimbau masyarakat untuk tetap di rumah apabila tidak ada keperluan mendesak. Namun, jika harus ke luar rumah karena terpaksa, selalu pastikan untuk menerapkan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.(OL-5)

Baca Juga

dok.Pemprov DKI Jakarta

Temui Bupati Kuningan, Anies Buka Kerjasama Antardaerah

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 17 April 2021, 17:35 WIB
Kunjungan silaturahmi ini bertujuan membuka komunikasi awal terkait potensi kerja sama antardaerah yang nantinya akan dibangun antara...
Antara

Satgas: Mudik Tanggal Berapapun Berbahaya

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 17 April 2021, 14:10 WIB
PEMERINTAH daerah harus semaksimal mungkin mencegah warga untuk berpergian keluar daerah selama masa pandemi covid-19 ini termasuk saat...
MI/Ramdani

Pergerakan Penumpang di Terminal Bus AKAP Wilayah DKI Mulai Naik

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 17 April 2021, 11:55 WIB
Dinas Perhubungan DKI Jakarta mencatat ada pergerakan kenaikan jumlah penumpang antar kota antar provinsi (AKAP) di...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya