Rabu 24 Februari 2021, 11:30 WIB

IPEMI Gelar Bakti Sosial untuk Korban Banjir di Jakarta

mediaindonesia.com | Megapolitan
IPEMI Gelar Bakti Sosial untuk Korban Banjir di Jakarta

Dok.ipemi/dyan
Aksi sosial Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia membantu korban banjir di Jaksel, Selasa (24/2)

 

AKSI solidaritas korban banjir DKI Jakarta, Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia ( IPEMI ) mengadakan Bakti sosial di kelurahan Ragunan, kecamatan pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu, (24/2/2021)

Dikomandani oleh Ir. Hj. Mariana Harahap sebagai Ketua Pimpinan Wilayah IPEMI DKI Jakarta yang hadir bersama segenap jajarannya, Bakti sosial dengan membagikan paket nasi bungkus siap saji, Mie instan, air mineral dan masker, berharap dalam kegiatan bakti sosial ini dapat mengurangi penderitaan masyarakat setempat.

"Masyarakat, khususnya di kelurahan Ragunan yang terdampak banjir masih sangat lelah,stres dan tidak sedikit yang sakit  setelah kebanjiran, selain harus membersihkan sisa-sisa banjir yang memasuki area rumah, banyak barang rumah tangga yang rusak ataupun harus di perbaiki ulang, ditambah  lagi trauma akibat harus mengungsi dalam menghadapi ketidaknyamanan terutama pada anak-anak," ujar Mariana.

Didampingi Ketua RT 07- RW 09 kelurahan Ragunan, kecamatan Pasar Minggu, Mayor Syamsul Arif, Mariana menambahkan bahwa banjir setinggi hampir  satu setengah meter yang menerjang di Kelurahan Ragunan baru kali pertama dan langsung merendam pemukiman  warga, untuk itu diperlukan adanya sosialisasi pentingnya mengantisipasi datangnya banjir. "masyarakat yang hidup berdampingan dengan kali perlu secara berkala diedukasi pentingnya merawat kali" serta diberitahukan bahwa Jakarta selalu mengalami penurunan tekstur tanah setiap tahunnya, meskipun Jakarta Selatan hanya mengalami penurunan sekitar 1.5% tidak sebesar penurunan tekstur tanah di Jakarta Utara sebesar 10-15% karena berdekatan dengan laut Jakarta,itu berarti tidak menutup kemungkinan banjir akan melanda keseluruhan pemukiman meski tidak pernah kebanjiran pada mulanya, tambah Mariana yang juga menjabat bendahara umum di LSM Perempuan LIRA.

Curah hujan yang tinggi di DKI Jakarta selama dua hari berturut-turut membuat debit air meningkat, dan banjir datang puncaknya di hari Sabtu dan Minggu, 20-21 February, 2021 dalam situasi penularan Covid 19 yang belum usai, Penderitaan Masyarakat di rasakan oleh Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia atau IPEMI yang hadir diketuai oleh Ir. Hjh. Mariana Harahap sebagai Ketua Pimpinan Wilayah IPEMI DKI Jakarta bersama  Kris Mandalika Sekretaris , Nur Aeni, Bendahara, Ita dan seluruh jajaran Pimpinan Wilayah IPEMI DKI Jakarta, Pimpinan Daerah yang diwakili oleh ibu Delsie Wiranto dan Jajarannya bersama para Ketua RT dan tokoh masyarakat saling bahu mengadakan aksi solidaritas di titik-titik rawan banjir yaitu Cipinang, Kampung Pulo, Benhil dan Ragunan, dengan harapan dapat mengurangi penderitaan masyarakat sekitar yang terdampak banjir.  (OL-13)

Baca Juga

Antara

Soal Korupsi Tanah, DKI: Sudah Lama, Penyelesaiannya tidak Mudah

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 09 Maret 2021, 02:55 WIB
"Memang soal kasus tanah ini di DKI terjadi sejak lama dan tahun-tahun sebelumnya memang banyak kasus mafia tanah, namun ini bukanlah...
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

DKI akan Buka Tempat Wisata Saat PPKM dengan Aturan Lebih Rinci

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 09 Maret 2021, 01:00 WIB
Wagub DKI menyatakan akan ada aturan yang lebih rinci mengantisipasi penumpukan terkait adanya libur panjang Isra Miraj akhir pekan...
Dok.MI

Narkoba, 2 Anggota Polsek Batu Ceper Dituntut Penjara 6 & 7 Tahun

👤Sumantri 🕔Selasa 09 Maret 2021, 00:35 WIB
SLI dituntut tujuh tahun penjara atau lebih lama dari AR karena barang buktinya lebih banyak, yaitu sekitar 60 gram. Sementara AR hanya 0,4...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya