Selasa 24 November 2020, 16:07 WIB

Pemprov DKI Terbitkan 105 Ribu Izin UMKM

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Pemprov DKI Terbitkan 105 Ribu Izin UMKM

ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Perajin mengecek kualitas gitar yang telah dibuat di sentra produksi dan perbaikan gitar rumahan di kawasan Pasar Minggu, Jakarta, Jumat (21

 

PEMPROV DKI Jakarta terus berupaya mendorong sektor UMKM agar bangkit di tengah pandemi covid-19. Seperti diketahui, sektor UMKM merupakan sektor yang terdampak pandemi karena turunnya permintaan dan pembelian dari masyarakat.

Untuk mendorong agar UMKM di Jakarta terus bertumbuh, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Penanaman Modal dan PTSP (PMPTSP) DKI Jakarta menyelenggarakan program 'Antar Jemput Izin Bermotor' atau AJIB. Melalui program ini, petugas PMPTSP mendatangi langsung UMKM yang mengajukan atau belum memiliki izin UMKM.

Setidaknya, melalui program ini sudah ada 105 ribu UMKM yang mendapat IUMKM.

"Sampai saat ini sudah ada 105 ribu UMKM yang terbit izinnya. Kami berharap melalui izin ini, mereka dapat meningkatkan skala usahanya. Karena, dengan mendapat izin, mereka UMKM ini bisa lebih 'bankable'," jelas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam webinar Penanganan Kesehatan dan Pemulihan Sosial-Ekonomi, Selasa (24/11).

Baca juga: UMKM Paling Besar Serap Anggaran Pemulihan

Jumlah ini meningkat dua kali lipat dari jumlah UMKM yang mendapat izin sampai pada pertengahan September lalu yakni sebanyak 50.902 izin.

Sementara itu, melalui dana pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Bank DKI juga telah mengucurkan dana kredit pinjaman berbunga rendah untuk membantu para UMKM ini agar tetap bangkit di masa pandemi.

"Tercatat per 19 November 2020 sudah ada Rp500 miliar dana pinjaman yang akan dicairkan hingga Desember," terang Anies. 

Dana tersebut akan dicairkan pada sebanyak 1.100 debitur. Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Dinas PMPTSP Iwan Kurniawan menjelaskan dengan mendapatkan izin, diharapkan UMKM dapat lebih mudah memperoleh pinjaman usaha ke bank.

"Selain itu, dengan banyaknya izin yang dikeluarkan ini menjadi pendataan bagi kami untuk memetakan para UMKM ini agar mendapatkan program-program stimulus ekonomi ke depannya serta berbagai program peningkatan usaha lainnya," terang Iwan.(OL-5)

Baca Juga

Antara

Esok, Transjakarta Perpanjang Jam Oprasional

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 25 Januari 2021, 23:40 WIB
Sebelumnya, layanan Transjakarta hanya sampai pukul...
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Minta Anies Mundur, Politikus Gerindra Ditegur Partai

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 25 Januari 2021, 20:37 WIB
Menurut Gerindra, kritik yang disampaikan Ali merupakan pendapat pribadi dan bukan berasal dari partai. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra...
Antara

Pemprov DKI Siapkan Lahan Baru untuk Jenazah Pasien Covid-19

👤Selamat Saragih 🕔Senin 25 Januari 2021, 20:04 WIB
"Ada 190 orang yang harus dimakamkan/hari. Makanya jaga kesehatan, menerapkan protokol kesehatan supaya jangan terjadi kematian tiap...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya