Jumat 30 Oktober 2020, 20:10 WIB

DKI Perlu Waspada Arus Balik Libur Panjang Ciptakan Klaster Baru

Hilda Julaika | Megapolitan
DKI Perlu Waspada Arus Balik Libur Panjang Ciptakan Klaster Baru

ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
kendaraan memadati ruas jalan jalur Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, kemarin.

 

ANGGOTA Komisi C DPRD DKI Jakarta Fraksi NasDem Ahmad Lukman Jupiter mengingatkan Pemprov DKI untuk waspada arus balik libur panjang akhir Oktober ini. Karena menjadi momen yang rawan penyebaran covid-19.

"Kemungkinan besar mereka liburan ke luar kota atau pulang kampung. Ini harus diantispasi pada saat arus balik ke Jakarta. Ketika arus balik ini ke Jakarta, dari Gugus Tugas harus pengawasannya lebih ketat dan tegas," kata Jupiter kepada Media Indonesia, Jumat (30/10).

Bahkan pihaknya menyarankan ada pengaturan khusus bagi kendaraan yang akan masuk ke Ibu Kota kembali. Melalui pengecekan suhu tubuh, jika suhu tubuh tinggi atau tidak memenuhi standar kesehatan maka mobil diminta putar balik.

"Ketika arus masuk ke DKI Jakarta saran saya setiap mobil diberhentikan dulu, cek suhu kalau suhu badan tinggi dia tidak layak masuk ke DKI, suruh balik kanan,"katanya.

"Jadi memang Gugus Tugas ini termasuk Satpol PP itu termasuk aparat bisa kita libatkan dengan koordinasi yang baik. Pada saat arah tol masuk dalam kota di situ dibuat pemberhentian juga bisa dilakukan,"pungkasnya.

Sebelumnya, epidemiologi Dicky Budiman mengingatkan Gubernur Anies Baswedan untuk waspada adanya klaster liburan. Pasalnya mulai dari 28 Oktober hingga 1 November ini ada libur panjang. Momen ini menjadi rawan penyebaran covid-19.

“Potensi yang besar itu terutama dari pasca liburan ini yang akan terlihatnya sebulan lagi,” kata Dicky saat dikonfrimasi Media Indonesia, Jumat (30/10).

Sehingga akan rawan adanya penambahan kasus harian secara tiba-tiba. Pemprov DKI Jakarta diminta untuk menggecarkan testing dan contact tracing (pelacakan kontak) untuk mengidentifikasi kasus. (OL-4)

Baca Juga

Antara

DKI Harap Status Pandemi Bisa Turun Jadi Endemi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 21 September 2021, 15:39 WIB
Pemprov DKI Jakarta juga terus menggencarkan upaya 3T, yakni testing, tracing dan treatment, agar pandemi covid-19 semakin...
MI/Adam Dwi.

PSP Bervaksin Upaya Membangkitkan kembali Sektor Terdampak Pandemi

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 21 September 2021, 15:28 WIB
Kajian ilmiah 2019 pada Journal of Sport and Health Science menyebutkan bahwa olahraga dapat meningkatkan respons imun, menurunkan risiko...
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Vaksinasi di Kecamatan Tanah Abang Capai 60%

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 21 September 2021, 13:22 WIB
Camat Tanah Abang Dicky Suherlan mengatakan dengan capaian vaksinasi tersebut, wilayah Tanah Abang sudah dalam zona...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Awas Banjir Mengancam Kota Jakarta

KEKHAWATIRAN selalu menyelimuti sebagian warga Provinsi DKI Jakarta jika musim hujan kembali datang.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya