Jumat 30 Oktober 2020, 20:10 WIB

DKI Perlu Waspada Arus Balik Libur Panjang Ciptakan Klaster Baru

Hilda Julaika | Megapolitan
DKI Perlu Waspada Arus Balik Libur Panjang Ciptakan Klaster Baru

ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
kendaraan memadati ruas jalan jalur Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, kemarin.

 

ANGGOTA Komisi C DPRD DKI Jakarta Fraksi NasDem Ahmad Lukman Jupiter mengingatkan Pemprov DKI untuk waspada arus balik libur panjang akhir Oktober ini. Karena menjadi momen yang rawan penyebaran covid-19.

"Kemungkinan besar mereka liburan ke luar kota atau pulang kampung. Ini harus diantispasi pada saat arus balik ke Jakarta. Ketika arus balik ini ke Jakarta, dari Gugus Tugas harus pengawasannya lebih ketat dan tegas," kata Jupiter kepada Media Indonesia, Jumat (30/10).

Bahkan pihaknya menyarankan ada pengaturan khusus bagi kendaraan yang akan masuk ke Ibu Kota kembali. Melalui pengecekan suhu tubuh, jika suhu tubuh tinggi atau tidak memenuhi standar kesehatan maka mobil diminta putar balik.

"Ketika arus masuk ke DKI Jakarta saran saya setiap mobil diberhentikan dulu, cek suhu kalau suhu badan tinggi dia tidak layak masuk ke DKI, suruh balik kanan,"katanya.

"Jadi memang Gugus Tugas ini termasuk Satpol PP itu termasuk aparat bisa kita libatkan dengan koordinasi yang baik. Pada saat arah tol masuk dalam kota di situ dibuat pemberhentian juga bisa dilakukan,"pungkasnya.

Sebelumnya, epidemiologi Dicky Budiman mengingatkan Gubernur Anies Baswedan untuk waspada adanya klaster liburan. Pasalnya mulai dari 28 Oktober hingga 1 November ini ada libur panjang. Momen ini menjadi rawan penyebaran covid-19.

“Potensi yang besar itu terutama dari pasca liburan ini yang akan terlihatnya sebulan lagi,” kata Dicky saat dikonfrimasi Media Indonesia, Jumat (30/10).

Sehingga akan rawan adanya penambahan kasus harian secara tiba-tiba. Pemprov DKI Jakarta diminta untuk menggecarkan testing dan contact tracing (pelacakan kontak) untuk mengidentifikasi kasus. (OL-4)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha

440 ribu Pengusaha UKM di Jakarta Bakal Dapat Dana Banpres

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 02 Agustus 2021, 09:15 WIB
Dana bantuan diberikan dengan besaran untuk masing-masing pelaku usaha mikro sebesar Rp1,2...
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Polda Metro dan Gojek Siap Sukseskan Vaksinasi Bagi 3 Juta Warga Jakarta

👤Despian Nurhidayat 🕔Senin 02 Agustus 2021, 09:02 WIB
Kolaborasi bersama Polda Metro Jaya merupakan inisiatif yang memiliki semangat untuk #BangkitBersama Gojek dan menjadi semakin tangguh di...
ANTARA/Reno Esnir

7.225 Orang Ikuti Vaksinasi Covid-19 di Stasiun MRT Jakarta

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 02 Agustus 2021, 08:45 WIB
PT MRT Jakarta (Perseroda) berharap agar target 20 ribu orang dalam vaksinasi ini dapat tercapai sehingga kekebalan kelompok dapat segera...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pembangunan Berkelanjutan demi Keselamatan Bersama

 Sektor keuangan memiliki peran besar dalam mengarahkan perubahan menuju penerapan green economy

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya