Selasa 01 September 2020, 18:05 WIB

Percepat Penanganan Wabah, Jakarta Hadirkan Mobile Lab

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Percepat Penanganan Wabah, Jakarta Hadirkan Mobile Lab

Antara/Moch Asim
Tenaga kesehatan mengoperasikan mesin Polymerase Chain Reaction (PCR) di dalam mobil lab molekuler

 

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan dan Labkesda Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan Human Initiative dan Agile innovation (Ai) Labs menangani pandemi covid-19 dalam menyediakan mobil laboratorium atau Mobile Lab. Kolaborasi ini mendapat dukungan pendanaan dari Nama Foundation.

Kepala Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi DKI Jakarta Endra Muryanto mengatakan inovasi mobil laboratorium tersebut dihadirkan untuk membantu mempercepat penanganan pemeriksaan covid-19 menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) di Ibu Kota.

Baca juga: Kasus Covid-19 Jakarta Tembus 41 Ribu

"Jadi, Mobile Lab ini nanti siap untuk melakukan pemeriksaan PCR. Kapasitas tes maksimal per hari 300 sampel. Sampelnya nanti begitu di-swab kemudian dilakukan pemeriksaan di dalam laboratorium. Kemudian di Mobile Lab ini akan ada proses mix PCR dan ekstraksi sampel yang di ruangannya pun sudah negative pressure," ujar Endra dalam keterangan resminya, Selasa (1/9).

Lebih lanjut Endra menjelaskan bahwa terdapat tiga buah Mobile Lab yang akan selesai dan siap beroperasi pada minggu ke-4 akhir bulan September mendatang.

Endra berharap hadirnya mobil laboratorium tersebut dapat membantu memenuhi kebutuhan tes covid-19 di DKI Jakarta. Ada pun terkait lokasi, jadwal keliling mobil, serta persyaratan bagi warga yang akan melakukan pemeriksaan di Mobile Lab tersebut akan diinformasikan setelah mobil telah memenuhi syarat uji laboratorium.

Sementara itu, Senior General Manager Project Manajemen Human Initiative Ferry Suranto menambahkan kesiapan Mobile Lab tersebut telah mencapai tahap 80%. Semua peralatan laboratorium telah disesuaikan dengan Standar Operasional Prosedur yang ditentukan. Mobile Lab ini membantu menghadirkan laboratorium pendamping di DKI Jakarta.

"Mobile Lab ini nanti fungsinya seperti laboratorium keliling, yaitu untuk menjangkau tempat-tempat yang ditemukan kasus lebih banyak, sehingga dapat mendukung dari laboratorium yang sudah ada. Jadi, ketika ditemukan kasus dan memang penyebaran orangnya ada di sana, kita akan datangi wilayah-wilayah yang berpotensi kasus baru tersebut," jelas Ferry. (OL-14)

 

Baca Juga

Antara

Awal 2021, Klaster Keluarga Jadi Sumber Penularan Covid-19

👤Hilda Julaika 🕔Rabu 20 Januari 2021, 21:40 WIB
Sementara itu, untuk klaster perkantoran justru menurun hanya 2,7%. Data ini dihimpun selama sepekan penyelenggaraan PPKM yakni, 11-17...
MI/Andri W

Transjakarta Sediakan Feeder Khusus Rute Harmoni – Pasar Baru

👤Hilda Julaika 🕔Rabu 20 Januari 2021, 21:22 WIB
TRANSJAKARTA menyediakan feeder atau bus pengumpan khusus untuk rute Harmoni – Pasar Baru. Layanan tersebut resmi beroperasi mulai...
Antara

Urus Tilang di Kota Tangerang Cukup Dari Rumah

👤Sumantri 🕔Rabu 20 Januari 2021, 21:15 WIB
MASYARAKAT yang kena tilang di Kota Tangerang cukup menunggu di rumah untuk menyelesaikan administrasinya. Jika mengurus ke Kejaksaan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya