Kamis 06 Februari 2020, 21:30 WIB

Regulasi dan Integrasi Lembaga Tekan Peretasan Data

Cahya Mulyana | Megapolitan
Regulasi dan Integrasi Lembaga Tekan Peretasan Data

MI/Susanto
Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai NasDem Willy Aditya

 

ANGGOTA Komisi I DPR RI, Willy Aditya mengatakann pembobolan data nasabah bank sulit dihentikan lewat sistem maupun lembaga sekuat apapun. Namun perbaikan sistem serta penguatan payung hukum bisa menekan potensi kejahatan kekinian tersebut.

"Data nasabah perbankan termasuk data yang sulit ditembus. Sistem Bank, lembaga negara, dan militer termasuk sistem yang securitynya tinggi dan sangat cepat mendeteksi adanya peretasan," katanya kepada Media Indonesia, Kamis (6/2).

Ia mengatakan bank sudah punya banyak pengalaman dalam menghalau intrusi sistem. Namun memang kejahatan itu berkembang seiring berkembangnya keamanan.

Sistem keamanan data tidak bisa dipercaya begitu saja. Amerika yang canggih saja bisa kebobolan seperti kasus Wikileaks karena itu Indonesia perlu regulasi yang mengatur dan melindungi data sebagai upaya perlindungan legal. Hal ini untuk memberi hak bagi pemilik data untuk melakukan langkah hukum jika ada pelanggaran terhadap datanya.

"RUU Perlindungan Data Pribadi yang akan dibahas DPR dalam waktu dekat akan menjadi upaya legal dalam perlindungan bagi pemilik data. Sehingga data tidak diperlakukan sebatas komoditas," paparnya.

Nantinya akan didefinisikan pemilik, pengumpul, penyimpan dan yang berhak mentransaksikannya. Selain itu RUU PDP ini juga akan mengatur tingkat kedalaman data yang bisa diminta oleh pengumpul data hingga data biometris.

"Kita sudah punya banyak pengembang digital security system. Mereka ini perlu diatur kerjanya sehingga tidak melanggar hak privasi warga negara," pungkasnya. (OL-4)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Fakhri H

Kasus Aktif Meningkat, Ketersediaan BOR Makin Menipis

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 25 Januari 2021, 08:44 WIB
Data per 24 Januari 2021, hanya menyisakan 14% dengan rincian tempat tidur isolasi sebanyak 8.055 tempat tidur dan telah terisi sebanyak...
ANTARA/Aditya Pradana Putra

PPKM DKI Dilonggarkan, Aktivitas Luar Rumah Hingga Pukul 20.00

👤Hilda Julaika 🕔Senin 25 Januari 2021, 08:06 WIB
Sebelumnya, aktivitas di luar rumah, seperti perkantoran, tempat usaha, dan tempat makan dibatasi hingga pukul 19.00...
ANTARA/Aditya Pradana Putra

Anies Minta Satgas RT/RW Lebih Maksimal Cegah Penyebaran Covid-19

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 25 Januari 2021, 07:03 WIB
Satgas covid-19 di tingkat RW ini memegang peranan penting, khususnya untuk menekan laju penyebaran virus di tingkat keluarga serta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya