Kamis 18 Juli 2019, 07:45 WIB

Menarik Wisatawan ke Kota Tua

Ssr/J-2 | Megapolitan
Menarik Wisatawan ke Kota Tua

MI/ BARY FATHAHILAH
Pengunjung bersepeda di depan gedung Museum Sejarah Jakarta di kawasan Kota Tua, Jakarta, Rabu (2/1).

 

KAWASAN Kota Tua menyimpan banyak sejarah masa lalu dari zaman penjajahan Belanda. Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov)
DKI Jakarta berencana memajukan empat lokasi wisata di kawasan Kota Tua, Glodok, Jakarta Barat.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta sudah melakukan berbagai upaya dengan cara merevitalisasi kawasan Kota Tua. Namun, tampaknya usaha yang dilakukan belum dapat membuat geliat pariwisata di kawasan ini sesuai harapan.

Empat lokasi wisata di Kawasan Kota Tua meliputi Taman Fatahillah, Pecinan Glodok, Kampung Arab di Pekojan, dan Pelabuhan Sunda Kelapa. “Saat ini, kita fokus pada tahap promosi agar orang lain lebih mengenal empat lokasi wisata di Kota Tua. Jadi, selama ini branding-nya kan hanya di kawasan Taman Fatahillah. Sekarang kita akan coba mengembangkan di kawasan Pecinan Glodok, Pekojan, dan Sunda Kelapa. Tahap awal ini kita lebih mempromosikan kawasan-kawasan lain yang juga memiliki potensi bagus untuk dikembangkan di kawasan ini,” ujar Kepala Unit Pengelola Kawasan (UPK) Kota Tua, Norviadi Setio Husodo di Jakarta, Rabu (17/7).

Norviadi mengakui, satu dari beberapa kendala pengembangan wisata di Kota Tua adalah aksesibilitas. Hingga kini belum ada transportasi publik yang dapat menghubungkan keempat lokasi wisata tersebut. Kendala itu sudah disampaikan ke Pemprov DKI dan kini Pemprov DKI melalui Dinas Perhubungan DKI sedang melakukan kajian arus lalu lintas.

“Sudah ada kajian-kajian aspek lalu lintas untuk menilai kendaraan mana yang cocok. Bus Trans-Jakarta yang besar pasti tidak bisa masuk ke sana. Daya dukung tanahnya tidak kuat, kegedean, dan beloknya susah. Langkahnya sudah ada. Hanya untuk realisasinya membutuhkan proses,” tutup Norviadi. (Ssr/J-2)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Sakti Karuru

Penerapan Prokes di Sekolah yang Terapkan PTM 100 Persen Menurun

👤Kisar Rajaguguk 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 11:01 WIB
"Kami melihat, makin turun disiplin prokes di sekolah-sekolah. Kami yakin betul itu terjadi di seluruh sekolah-sekolah di Kota...
dok.ant

Pandemi Mereda Pedagang Bendera di Jakarta Bisa Tersenyum

👤Irfan Julyusman 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 08:50 WIB
MENJELANG 17 Agustus mulai tampak banyak penjual bendera yang menjajakan dagangan mereka, dari yang keliling hingga yang mangkal menunggu...
MI/Seno

Intoleransi di SMAN 58 Jakarta, Effendi: Sudah tidak Ada Persoalan  

👤Irfan Julyusman 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 08:31 WIB
Pihak sekolah saat itu sudah melakukan tindakan penyelesaian kasus tersebut, Effendi mengatakan proses penyelesaian hingga ke Dinas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya