Jumat 13 Januari 2023, 11:20 WIB

Biden Bela Diri atas Temuan Dokumen Rahasia

Cahya Mulyana | Internasional
Biden Bela Diri atas Temuan Dokumen Rahasia

AFP/ Mark Makela/Getty Images
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden

 

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menegaskan penanganan dokumen rahasia di bekas kantornya, Washington. D.C, sesuai prosedur. Dia pun akan bekerja sama dengan semua pihak untuk mengungkap temuan ini.

"Orang-orang tahu saya menangani dokumen rahasia dan materi rahasia dengan serius," kata Biden dikutip dari AFP, Jumat (13/1).

Dia menegaskan akan bertindak kooperatif dan bekerja sama dengan Kementerian Kehakiman dalam proses penyelidikannya. Sebagai bagian dari proses itu, pengacaranya telah meninjau tempat-tempat lain di mana dokumen-dokumen tersebut disimpan.

"Mereka menemukan sejumlah kecil dokumen dengan tanda rahasia di area penyimpanan dan lemari arsip di rumah dan perpustakaan pribadi saya. Kementerian Kehakiman segera diberitahu. Jadi kita akan melihat semua ini terungkap," tambahnya.

Penemuan ini mendorong seruan untuk penyelidikan atas dugaan kesalahan penanganan surat-surat resmi. Ketua DPR dari Partai Republik Kevin McCarthy menuntut agar Kongres menyelidiki skandal ini.

Bahkan Donald Trump, yang sudah lebih dulu terungkap melakukan tindakan serupa Biden ini langsung angkat bicara. Dia menyindir perlakuan penegak hukum yang terkesan mengistimewakan Biden.

"Kapan FBI akan menggerebek banyak rumah Joe Biden, bahkan mungkin Gedung Putih," kata Trump.

Tim Biden mengatakan bahwa jika ada kesalahan dengan surat-surat resminya, pemerintah segera bertindak untuk memperbaiki kesalahan tersebut. "Setelah kumpulan dokumen pertama ditemukan di bekas kantor Biden di think tank Penn Biden Center November lalu, pengacara menyerahkannya ke Arsip Nasional, yang menangani semua materi semacam itu,” kata Gedung Putih. (AFP/OL-12)

Baca Juga

MOHAMMED BADRA / POOL / AFP

Zelensky Minta Jet Lagi Tempur dalam Kunjungan ke Prancis dan Inggris

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Kamis 09 Februari 2023, 16:33 WIB
Kunjungannya ke Prancis membuatnya mengadakan pertemuan makan malam dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron, yang juga dihadiri oleh...
ANTARA FOTO/Fauzan

Restoran di Jerman Berlakukan Denda Jika tak Habiskan Makanan

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 16:09 WIB
Restoran China Fang di Rhauderfehn, misalnya, akan membebankan biaya tambahan 10 euro (sekitar Rp162.000) kepada para tamu yang menyisakan...
AFP

Kim Jong-un Unjuk Rudal Antarbenua dan Nuklir

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 09 Februari 2023, 14:21 WIB
Presiden Korea Utara (Korut) Kim Jong Un mempertontonkan rudal balistik antarbenua (ICBM) dan hulu ledak nuklor dalam parade militer besar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya