Rabu 20 April 2022, 15:05 WIB

Menlu AS Desak Israel-Palestina Akhiri Kekerasan

Nur Aivanni  | Internasional
Menlu AS Desak Israel-Palestina Akhiri Kekerasan

AFP
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken.

 

MENTERI Luar Negeri AS Antony Blinken, pada Selasa, mendesak para pemimpin Israel dan Palestina untuk mengakhiri siklus kekerasan setelah meningkatnya ketegangan antara kedua pihak dalam beberapa hari terakhir.

Dalam panggilan terpisah dengan Presiden Palestina Mahmud Abbas dan Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid, kata Departemen Luar Negeri, Blinken menekankan pentingnya orang Israel dan Palestina bekerja untuk mengakhiri siklus kekerasan di Israel, Tepi Barat dan Gaza dengan menahan diri dari tindakan yang meningkatkan ketegangan.

Baca juga: Indonesia-Inggris Sepakati Roadmap Kemitraan 2022-2024

Dia juga mendesak kedua belah pihak untuk menahan diri dari tindakan yang meningkatkan ketegangan termasuk di kompleks Masjid Al-Aqsa, yang dikenal oleh orang Yahudi sebagai Temple Mount, di Kota Tua Yerusalem yang dicaplok Israel.

Dalam panggilan teleponnya dengan Lapid, Blinken menegaskan kembali komitmen teguh pemerintah AS terhadap keamanan Israel dan mengutuk serangan roket baru-baru ini dari Gaza.

Sementara, dalam pembicaraannya dengan Abbas, Blinken menegaskan komitmen AS untuk meningkatkan kualitas hidup warga Palestina. Namun, kepada kedua pemimpin tersebut, Blinken pun mendesak adanya solusi dua negara.

Untuk diketahui, Israel melakukan serangan udara pertamanya di Jalur Gaza dalam beberapa bulan pada Selasa pagi untuk merespons roket yang ditembakkan dari daerah kantong Palestina setelah kekerasan pada akhir pekan di sekitar situs suci Yerusalem.

Serangan itu terjadi setelah berminggu-minggu meningkatnya kekerasan, dengan total 23 warga Palestina dan Arab-Israel tewas, termasuk penyerang yang menargetkan warga Israel dalam empat serangan yang mematikan. (AFP/OL-6)

Baca Juga

AFP/Putri

Tragedi Kanjuruhan Malang, Gegerkan Dunia

👤 Cahya Mulyana 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 12:01 WIB
MATA penduduk dunia teralihkan dari kemenangan Ukraina di kota Lyman, dekat Kharkiv yang sempat dikuasai Rusia. Atau dari aksi...
AFP

Rusia Tarik Pasukan yang Dikepung Ukraina

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 08:41 WIB
SETELAH dikepung oleh pasukan Ukraina, Rusia menarik pasukan keluar dari kota Lyman di timur Ukraina dekat Kharkiv. Aksi itu menjadi...
AFP/Jim Watson.

Biden Sebut Amerika Serikat tidak akan Terintimidasi oleh Putin

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 18:39 WIB
Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg menyebut pencaplokan itu sebagai eskalasi paling serius sejak dimulainya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya