Rabu 23 Maret 2022, 19:38 WIB

Israel Berduka Empat Warganya Tewas Diserang Simpatisan ISIS

Mediaindonesia.com | Internasional
Israel Berduka Empat Warganya Tewas Diserang Simpatisan ISIS

AFP/Gil Cohen-Magen.
Pelayat Yahudi Ultra-Ortodoks berkumpul untuk menghadiri pemakaman rabi Haredi Chaim Kanievsky di kota Israel Bnei Brak dekat Tel Aviv.

 

ISRAEL bersiap untuk mengadakan pemakaman pada Rabu (23/3) untuk empat orang yang tewas dalam serangan oleh simpatisan kelompok ISIS yang dihukum. Ini merupakan salah satu yang paling mematikan di negara itu dalam beberapa tahun terakhir.

Dua pria dan dua wanita tewas dalam serangan penikaman dan tabrak mobil pada Selasa (22/3) di luar suatu pusat perbelanjaan di Beersheba, kota utama di wilayah Negev, Israel selatan. Mereka termasuk dua ibu dari tiga anak dan seorang rabi. 

Dua wanita yang terluka dalam serangan itu dalam kondisi stabil, kata rumah sakit kota Soroka. Penyerang, yang diidentifikasi oleh media Israel sebagai Mohammed Abu al-Kiyan, seorang Arab Israel yang sebelumnya mencoba bergabung dengan kelompok ISIS, ditembak mati oleh orang-orang bersenjata, kata polisi.

Suku Badui Abu al-Kiyan, tempat penyerang berasal, sangat mengutuk tindakannya. Mereka mengatakan itu tindakan individu yang tidak mewakili anggota suku yang taat hukum yang selalu percaya pada koeksistensi.

Namun polisi kemudian mengumumkan bahwa mereka dan agen dari badan keamanan domestik Shin Bet Israel telah menangkap dua anggota keluarga Abu al-Kiyan karena dicurigai gagal memperingatkan pasukan keamanan terhadap serangan teroris yang akan segera terjadi. Pasangan itu diperkirakan akan muncul di pengadilan Rabu malam.

Beberapa media Israel melaporkan bahwa Abu al-Kiyan, mantan guru sekolah berusia 30-an, sebelumnya dihukum karena mencari hubungan dengan ISIS dan menyebarkan ideologi jihad. Pada 2015, Israel menangkap enam orang Badui, termasuk empat guru, karena diduga mendukung ISIS.

Baca juga: Mesir Jamu Pemimpin UEA dan PM Israel di Resor Laut Merah

Perdana Menteri Israel Naftali Bennett, yang bertemu dengan menteri keamanan dalam negeri dan kepala polisi setelah serangan itu, memuji mereka yang menembak tersangka penyerang. Ia mengatakan mereka menunjukkan akal dan keberanian serta mencegah korban lebih lanjut. "Kami akan bekerja keras melawan teroris. Kami akan mengejar mereka serta mereka yang membantu mereka," cuitnya. (AFP/OL-14)

Baca Juga

dok.AFP

Gesekan Antaragama Kembali Memanas di India

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 29 Juni 2022, 14:52 WIB
KORBAN dibunuh lantaran mendukung seorang mantan pejabat partai yang berkuasa yang pernyataannya tentang Nabi Muhammad dan memicu protes...
Genya SAVILOV / AFP

Puluhan Pengunjung Mal di Kremenchuk, Ukraina, Dilaporkan Hilang

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 29 Juni 2022, 12:42 WIB
Otoritas Ukraina mengatakan, 36 orang hilang setelah rudal Rusia menyerang bangunan tersebut dan menewaskan 18...
AFP/IRNA.

AS dan Iran Mulai Bahas Kesepakatan Nuklir di Qatar

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 12:20 WIB
Harga minyak yang tinggi dan kurangnya kapasitas cadangan juga merupakan peluang bagi Iran untuk mendorong keringanan sanksi ekonomi yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya