Kamis 13 Januari 2022, 10:41 WIB

WHO Bantah Pernyataan Presiden Brasil Terkait Akhir Pandemi

Mediaindonesia.com | Internasional
WHO Bantah Pernyataan Presiden Brasil Terkait Akhir Pandemi

EVARISTO SA / AFP
Presiden Brasil Jair Bolsonaro.

 

Direktur Kedaruratan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Mike Ryan pada Rabu (12/1) membantah pernyataan yang dibuat oleh Presiden Brasil Jair Bolsonaro bahwa varian Omikron virus korona akan diterima kehadirannya dan bahkan dapat mengakhiri pandemi.

Dalam sebuah wawancara sebelumnya, Bolsonaro menganggap enteng masuknya varian baru di Brasil.

Selama konferensi pers di Jenewa, ketika ditanya tentang pernyataan yang dibuat oleh presiden Brazil itu, Ryan menegaskan bahwa meskipun Omikron "kurang parah seperti infeksi virus pada individu, itu tidak berarti Omikron adalah penyakit ringan."

Ada banyak orang di seluruh dunia di rumah sakit, di ruang rawat intensif, terengah-engah, yang jelas membuat sangat benderang bahwa Omikron bukan penyakit ringan," tambahnya.

"Ini adalah penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin, ini adalah penyakit yang dapat dicegah dengan mengambil - dalam tingkat yang lebih tinggi - tindakan pencegahan pribadi yang mantap untuk menghindari infeksi dan mendapatkan vaksinasi," katanya.

"Banyak yang bisa kita lakukan. Ini bukan saatnya untuk menyerah, ini bukan saatnya untuk tunduk, ini bukan saatnya untuk menyatakan bahwa ini adalah virus yang kehadirannya bisa diterima. Tidak ada virus yang disambut kehadirannya yang membunuh orang. Terutama ketika kematian dan penderitaan itu dapat dicegah dengan penggunaan vaksinasi yang tepat," katanya. (Ant/OL-12)

Baca Juga

AFP/Joao Paulo Guimaraes

Brasil Catat 135.080 Kasua Baru Covid-19 dalam Tempo 24 Jam

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 24 Januari 2022, 09:32 WIB
Lebih dari 24 juta kasus covid-19 telah tercatat di Brasil sejak kasus infeksi virus korona terdeteksi di negara itu, dengan total 623.097...
Ist/OJK

Penguatan Sektor Jasa Keuangan untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 24 Januari 2022, 09:27 WIB
OJK mencatat selama tahun 2021 stabilitas sektor keuangan dalam kondisi terjaga dengan kinerja industri jasa keuangan yang terus...
 Handout / Taiwan

Lagi, Taiwan Laporkan Sejumlah Pesawat Tempur Tiongkok Lakukan Ancaman

👤 Atikah Ishmah Winahyu 🕔Senin 24 Januari 2022, 09:12 WIB
Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan Tiongkok mengerahkan 34 pesawat tempur ditambah empat pesawat perang elektronik dan satu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya