Rabu 12 Januari 2022, 12:37 WIB

WHO Sebut Dosis Vaksin Booster tidak Cukup

Nur Aivanni | Internasional
WHO Sebut Dosis Vaksin Booster tidak Cukup

AFP/JUSTIN SULLIVAN
Ilustrasi

 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada Selasa (11/1), mengatakan bahwa vaksin covid-19 saat ini mungkin perlu diperbarui jika ingin memberikan perlindungan lanjutan terhadap varian yang muncul, termasuk omikron.

Kelompok Penasihat Teknis WHO tentang Komposisi Vaksin Covid-19 (TAG-CO-VAC), terdiri dari 18 ahli, mengatakan bahwa meskipun vaksin saat ini memberikan perlindungan tingkat tinggi terhadap penyakit parah dan kematian yang disebabkan oleh Variants Of Concern (VOC), vaksin masa depan yang dapat mencegah infeksi dan penularan perlu dikembangkan.

Sementara itu, komposisi vaksin covid-19 saat ini mungkin perlu diperbarui untuk melindungi dari evolusi virus.

Pembaruan semacam itu perlu didasarkan pada strain yang secara genetik dan antigen dekat dengan varian yang beredar. Mereka, kata WHO, juga harus mendapatkan tanggapan yang luas, kuat, dan tahan lama untuk mengurangi kebutuhan dosis booster berturut-turut.

Para ahli telah mendorong produsen vaksin covid-19 untuk memberikan data tentang kinerja vaksin saat ini dan vaksin khusus omikron, untuk membantu memutuskan kapan perubahan komposisi vaksin mungkin diperlukan.

Mengenai varian omikron saat ini, para ahli menekankan pentingnya akses global yang lebih luas terhadap vaksin covid-19 saat ini. (Xinhua/OL-12)

Baca Juga

AFP/Thomas SAMSON

Jual Foto Rotgen Korban Penembakan Bataclan, Dokter Bedah Terancam Dihukum

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 26 Januari 2022, 12:00 WIB
Foto rontgen yang memperlihatkan lengan berisi peluru senapn Kalshnikov itu dijual seharga US$2.776 di laman daring OpenSea, yang khusus...
Noel Celis / AFP

Aturan Ketat Covid-19, AS Bersiap Izinkan Diplomatnya Tinggalkan Tiongkok

👤Nur Aivanni 🕔Rabu 26 Januari 2022, 11:48 WIB
Satu orang mengatakan Kedutaan Besar AS melakukan survei internal yang menunjukkan bahwa sebanyak 25% staf dan anggota keluarga akan...
Elias Lahtinen/AFP/Getty Images

Rusia-Ukraina Tegang, Finlandia Tingkatkan Kesiapan Militernya

👤 Nur Aivanni 🕔Rabu 26 Januari 2022, 11:33 WIB
Kolonel Petteri Kajanmaa dari Finlandia mengatakan ketidakstabilan di wilayah Laut Baltik berasal dari ketidakpastian...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya