Jumat 25 Juni 2021, 09:21 WIB

Tuding Pilpres AS Penuh Kecurangan, Izin Advokat Giuliani Dicabut

Basuki Eka Purnama | Internasional
Tuding Pilpres AS Penuh Kecurangan, Izin Advokat Giuliani Dicabut

AFP/Bryan R. Smith
Kuasa hukum Donald Trump, Rudy Giuliani

 

PENGADILAN Amerika Serikat (AS), Kamis (24/6), membekukan izin advokat Rudy Giuliani di Negara Bagian New York karena menyebut kekalahan Donald Trump dalam pemilu presiden AS terjadi karena dicurangi.

Pengadilan New York memutuskan Giuliani membuat pernyataan yang tidak benar saat menjadi kuasa hukum Trump saat mantan Presiden AS itu berusaha membatalkan kekalahannya dari Joe Biden di Pilpres AS.

Pengacara berusia 77 tahun itu membantu kampanye Trump melakukan gugatan di sejumlah negara bagian setelah mengklaim, tanpa bukti, bahwa Partai Demokrat mencurangi pemungutan suara.

Baca juga: Morgan Stanley Wajibkan Karyawannya Divaksin Covid-19

"Pernyataan tidak benar itu dibuat untuk mendongkrak narasi bahwa ada kecurangan dan kliennya dicurangi sehingga kalah dalam Pilpres 2020," ungkap pengadilan.

Pengadilan menambahkan sikap Giuliani itu mengacam kepentingan publik sehingga dia harus dibekukan dari melakukan praktik hukum.

Permintaan agar izin advokat Giuliani dicabut diajukan oleh puluhan pengacara yang mengklaim mereka bertindak untuk melindungi demokrasi AS.

Giuliani bisa mengajukan banding namun pengadilan memperingatkan jika gagal, pencabutan izin advokat Giuliani akan menjadi permanen.

Keputusan pengadilan itu luar biasa mengingat Giuliani pernah menjabat sebagai jaksa agung New York.

Dia juga menjabat sebagai wali kota New York City selama delapan tahun dan menuai pujian karena memimpin kota itu selepas serangan 11 September 2011.

Trump, dalam sebuah pernyataan, Kamis (24/6), menyebut Giuliani sebagai patriot sejati. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP/Jack Guez.

Menhan Israel akan Bahas Spyware Pegasus dengan Prancis

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 Juli 2021, 18:05 WIB
Ada sejumlah topik yang akan dibahas, seperti krisis di Libanon, negosiasi nuklir dengan Iran, dan malware Pegasus yang dibuat oleh...
STR / AFP

Junta Myanmar Batalkan Hasil Pemilu yang Menangkan Partai Suu Kyi

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 27 Juli 2021, 16:10 WIB
Investigasi telah mengungkap lebih dari 11 juta kasus kecurangan dalam pemilihan di mana Liga Nasional untuk Demokrasi pimpinan Suu Kyi...
AFP/Saeed Khan.

Varian Delta Terkendali, Melbourne akan Cabut Lockdown

👤 Nur Aivanni 🕔Selasa 27 Juli 2021, 13:17 WIB
Setidaknya selama dua minggu, masyarakat tidak dapat mengundang tamu ke rumah mereka dan jumlah orang dalam pertemuan di luar ruangan akan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Saling Jaga dari Serangan Virus

PANDEMI covid-19 telah berdampak besar bagi warga, terutama bagi mereka yang memiliki penghasilan harian, seperti ojek daring, buruh harian, dan pekerja lepas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya