Minggu 20 Juni 2021, 23:00 WIB

Wabah Covid-19 Varian Delta Hantui Australia

Mediaindonesia.com | Internasional
Wabah Covid-19 Varian Delta Hantui Australia

DAVID GRAY / AFP
Dua polisi New South Wales melewati gedung dengan papa nama yang meminta cegah Covid-19 di Sydney, New South Wales, Australia.

 

NEGARA bagian Queensland di Australia mencatat satu penularan virus korona yang terjadi melalui transmisi lokal pada Minggu, rentetan penularan kecil terbaru yang telah menghantui negara itu dalam beberapa bulan terakhir.

Kasus di Queensland tersebut muncul kala kluster varian Delta yang sangat menular telah bertambah sebanyak dua, menjadikan totalnya sebanyak sembilan kasus di New South Wales, yang merupakan negara bagian terpadat Australia dan mendorong otoritas kesehatan untuk memperluas peraturan penggunaan masker.

Baca juga: Tiongkok Tekan Tujuh Staf Perdagangan Taiwan di Hong Kong

"Kami tahu strain ini, yang menjadi strain dominan, sangat menular dan beberapa orang menyebarkannya lebih banyak daripada yang lain, dan apa yang ingin kami hindari pada tahap ini adalah peristiwa penyebaran super," kata pimpinan negara bagian New South Wales Gladys Berejiklian. Australia sangat berhasil dalam mengelola penyebaran virus korona melalui penutupan perbatasan yang cepat, aturan jarak sosial dan kepatuhan masyarakat yang tinggi terhadap kebijakan yang berlaku. Negara tersebut melaporkan sedikit di atas 30.300 kasus dan 910 kematian akibat Covid-19.

Meski demikian, negara tersebut telah berjibaku dengan peluncuran vaksinasi, dan negara-negara bagian telah dihantui oleh pewabahan kecil dalam beberapa bulan terakhir, yang penyebaran luasnya dihentikan melalui pelacakan kontak yang cepat, isolasi ribuan orang sekaligus, atau penguncian ketat.

Negara bagian Victoria, yang memerangi wabah kecil varian Delta (pertama kali terdeteksi di India) awal bulan ini dan yang membuat lima juta orang menjalani penguncian ketat selama dua minggu, mencatat tidak ada kasus baru pada hari Minggu. Satu hari sebelumnya, negara bagian tersebut mencatat satu infeksi.

Australia Selatan pada hari Minggu bergabung dengan Queensland dalam memberlakukan larangan terhadap para pelancong yang telah berada di pinggiran timur Sydney yang terkena dampak di New South Wales.

Orang-orang yang tiba dari negara bagian tersebut ke Australia Barat diharuskan untuk melalui tes di klinik-klinik di bandara Perth dan melakukan karantina mandiri hingga hasil tes keluar negatif.

Menurut data pemerintah, hanya sekitar 4 persen dari populasi dewasa Australia yang berjumlah 20 juta telah divaksinasi lengkap, sementara sekitar 25 persen telah mendapatkan setidaknya dosis pertama mereka. (Ant/OL-6)
 

Baca Juga

AFP/Jack Guez.

Menhan Israel akan Bahas Spyware Pegasus dengan Prancis

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 Juli 2021, 18:05 WIB
Ada sejumlah topik yang akan dibahas, seperti krisis di Libanon, negosiasi nuklir dengan Iran, dan malware Pegasus yang dibuat oleh...
STR / AFP

Junta Myanmar Batalkan Hasil Pemilu yang Menangkan Partai Suu Kyi

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 27 Juli 2021, 16:10 WIB
Investigasi telah mengungkap lebih dari 11 juta kasus kecurangan dalam pemilihan di mana Liga Nasional untuk Demokrasi pimpinan Suu Kyi...
AFP/Saeed Khan.

Varian Delta Terkendali, Melbourne akan Cabut Lockdown

👤 Nur Aivanni 🕔Selasa 27 Juli 2021, 13:17 WIB
Setidaknya selama dua minggu, masyarakat tidak dapat mengundang tamu ke rumah mereka dan jumlah orang dalam pertemuan di luar ruangan akan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Saling Jaga dari Serangan Virus

PANDEMI covid-19 telah berdampak besar bagi warga, terutama bagi mereka yang memiliki penghasilan harian, seperti ojek daring, buruh harian, dan pekerja lepas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya