Selasa 08 Juni 2021, 22:53 WIB

Incar Bisnis Mobil Listrik, Apple Cari Suplai Baterai ke Tiongkok

Insi Nantika Jelita | Internasional
Incar Bisnis Mobil Listrik, Apple Cari Suplai Baterai ke Tiongkok

AFP/John Edelson
Logo Apple

 

PERUSAHAAN teknologi, Apple Inc dikabarkan tengah dalam pembicaraan tahap awal dengan produsen baterai kendaraan listrik asal Tiongkok, Contemporary Amperex Technology Co. Ltd (CATL) dan Build Your Dream (BYD) mengenai pasokan baterai untuk pengembangan kendaraan listrik Apple.

Menurut sumber yang enggan disebutkan namanya mengatakan, penjajakan bisnis Apple dengan perusahaan Tiongkok itu masih dapat berubah seiring kesepakatan kedepannya.

CATL, yang memasok untuk mobil listrik ternama seperti Tesla Inc, diketahui enggan membangun pabrik di Amerika Serikat (AS) karena ketegangan politik antara Negara Paman Sam dan Beijing.

Apple mendukung penggunaan baterai lithium besi fosfat yang dianggap lebih murah untuk diproduksi, karena menggunakan besi dibanding nikel dan kobalt yang lebih mahal, menurut sumber tersebut.

Baca juga : Sejumlah Situs Berita Global Tumbang Berjamaah

Teknologi self-driving untuk produk mobil otonom sudah lama dikerjakan oleh Apple, dan diproyeksikan masuk tahap produksi pada 2024.

Sebelumnya, Apple dikabarkan kendaraan listriknya bakal menggunakan teknologi baterai terobosannya sendiri. Tidak segera jelas apakah diskusi dengan CATL dan BYD melibatkan teknologi atau desain Apple sendiri.

Rencana pengembangan mobil listrik Apple ini seiring dengan rencana Pemerintahan Joe Biden untuk meningkatkan pasar mobil listrik domestik. Biden mengusulkan anggaran sebesar US$ 174 miliar untuk mendongkrak kendaraan listrik. (Al Jazeera/OL-7)

Baca Juga

AFP/Timothy A Clary.

Amerika Serikat Menentang Rencana Pemukiman Baru, Israel Jalan Terus?

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Desember 2021, 21:31 WIB
Jadwal sidang 6 Desember awalnya dihapus dari internet pekan lalu setelah Israel berjanji kepada AS bahwa proyek tersebut tidak akan...
AFP/Fayez Nureldine.

Saudi Laporkan Kasus Pertama Covid-19 Varian Omicron

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Desember 2021, 20:55 WIB
Sejak pandemi dimulai, Arab Saudi telah mencatat 549.000 kasus covid-19, sebanyak 8.836 di antaranya...
ANTARA/Pavlo Gonchar / SOPA Images via Reuters/Sipa USA/pri.

Waspada Omicron, Jepang Minta Maskapai Setop Terima Pemesanan Tiket

👤Nur Avianni 🕔Rabu 01 Desember 2021, 16:57 WIB
Pemerintah Jepang telah memperketat tindakan perbatasannya yang keras, dengan melarang masuknya semua non-warga negara yang datang dari 10...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya