Senin 19 April 2021, 09:31 WIB

Rusia Balas Usir 20 Diplomat Rep Ceko

Basuki Eka Purnama | Internasional
Rusia Balas Usir 20 Diplomat Rep Ceko

AFP/Michal Cizek
Demonstran mengibarkan celana dalam merah saat menggelar demonstrasi di depan Kedutaan Besar Rusia di Praha, Rep Ceko.

 

KETEGANGAN antara Moskow dan Praha memanas, Minggu (18/4), dengan Rusia mengusir 20 diplomat Rep Ceko, sehari setelah Rep Ceko menuding tersangka yang meracuni Sergei Skripal berada di balik ledakan bom di Rep Ceko pada 2014.

Pemerintah Rep Ceko, Sabtu (17/4), mengusir 18 diplomat Rusia yang disebut merupakan agen rahasia SVR dan GRU Rusia atas dugaan keterlibatan kedua lembaga itu dalam ledakan gudang amunisi Rep Ceko yang menewaskan dua orang.

Adapun polisi Rep Ceko mengatakan tengah memburu dua warga Rusia yang terkait dengan ledakan itu. Kedua orang itu disebut memegang paspor tersangka aksi serangan racun terhadap mantan agen ganda Rusia Sergei Skripal di Inggris pada 2018.

Baca juga: AS Peringatkan Rusia Konsekuensi Jika Kritikus Navalny Meninggal

Kedua warga Rusia itu diidentifikasi sebagai Alexander Mishkin dan Anatoly Chepigov berdasarkan rekaman video dan foto yang dipublikasikan dari serangan Skripal.

Namun, Rusia, Minggu (18/4), menyebut tudingan Rep Ceko itu tidak masuk akal dan membalas aksi itu dengan mengusir 20 karyawan kedutaan besar Rep Ceko di Moskow.

Pengusiran itu diketahui setelah Duta Besar Rep Ceko di Moskow Vitezslav Pivonka dipanggil oleh Kementerian Luar Negeri Rusia.

"Pivonka diberi tahu bahwa 20 karyawaan kedutaan besar Rep Ceko telah ditetapkan persona non grata," ungkap Kementerian Luar Negeri Rusia.

"Mereka diperintahkan untuk meninggalkan negara kami paling lambat 19 April 2021," imbuh kementerian itu sembari mengatakan keputusan Rep Ceko mengusir diplomat Rusia sebagai aksi permusuhan.

"Dalam upaya menyenangkan Amerika Serikat, otoritas Rep Ceko mengambil aksi yang melebihi tuan mereka," ungkap Kementerian Luar Negeri Rusia. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP/ Frederic J. BROWN

Militer AS Tawarkan Vaksin Johnson & Johnson untuk Pasukan Korsel

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 18 Mei 2021, 10:52 WIB
Pasukan AS-Korea Selatan (USFK) telah menawarkan untuk memberikan 13.000 dosis vaksin Johnson &...
DAWEI WATCH / AFP

AS Berikan Sanksi dari Kepala Bank Sentral Hingga Menteri Myanmar

👤 Nur Aivanni 🕔Selasa 18 Mei 2021, 10:41 WIB
Departemen Keuangan AS mengatakan bahwa rezim militer Myanmar melakukan tindakan kekerasan terhadap gerakan pro-demokrasi. Setidaknya...
Nicholas Kamm / AFP

Biden Siap Kirim 20 Juta Dosis Vaksin Covid-19 ke Luar Negeri

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 18 Mei 2021, 10:28 WIB
Presiden AS Joe Biden mengumumkan bahwa pemerintahannya akan mengirimkan dosis vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech, Moderna dan Johnson...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tempat Wisata Tetap Pilihan Utama

LIBUR Lebaran tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya