Jumat 09 April 2021, 11:42 WIB

AS Masukan 7 Perusahaan Tiongkok ke Daftar Larangan Ekspor

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
AS Masukan 7 Perusahaan Tiongkok ke Daftar Larangan Ekspor

Ist/Sunway
Sunway Microelectronics adalah satu dari tujuh perusahaan superkomputer Tiongkok yang masuk dafar larangan menerima ekspor dari AS.

 

AMERIKA Serikat (AS) memasukkan tujuh perusahaan superkomputer Tiongkok ke dalam daftar entitas yang dilarang menerima ekspor dari perusahaan Amerika karena melakukan aktivitas yang bertentangan dengan kepentingan keamanan nasional atau kebijakan luar negeri AS.

“Daftar ini melarang perusahaan-perusahaan Amerika melakukan bisnis dengan perusahaan tersebut tanpa terlebih dahulu memperoleh izin pemerintah AS,” kata Departemen Perdagangan dalam sebuah pernyataan, Kamis (8/4).

Entitas baru ini diketahui terlibat dengan pembuatan superkomputer yang digunakan oleh aktor militer Tiongkok, upaya modernisasi militernya, atau senjata pemusnah massal.

Ketujuh perusahaan tersebut adalah Tianjin Phytium Information Technology Co, Shanghai High-Performance Integrated Circuit Design Center, Sunway Microelectronics, National Supercomputing Center Jinan, National Supercomputing Center Shenzhen, National Supercomputing Center Wuxi, dan National Supercomputing Center Zhengzhou.

"Kemampuan superkomputer sangat penting untuk pengembangan banyak atau mungkin hampir semua senjata modern dan sistem keamanan nasional, seperti senjata nuklir dan senjata hipersonik," kata Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo dalam pernyataan itu.

"Departemen Perdagangan akan menggunakan sepenuhnya otoritasnya untuk mencegah Tiongkok memanfaatkan teknologi AS untuk mendukung upaya modernisasi militer yang tidak stabil ini,” imbuhnya.

Kebijakan ini tidak sepenuhnya memutuskan perusahaan Tiongkok dari teknologi AS, berbeda dari tindakan yang diambil terhadap Huawei Technologies Co, di mana pemerintah menerapkan aturan produk langsung asing untuk membatasi kemampuan Huawei menggunakan Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC) dan lainnya untuk membuat chip mereka.

“Langkah Departemen Perdagangan tidak akan mencegah Phytium untuk terus mengambil sumber dari TSMC,” kata seseorang yang mengetahui masalah tersebut. (Aiw/Straitstimes/OL-09)

Baca Juga

AFP/	AMOS GUMULIRA

Presiden Malawi Pecat Menteri Atas Kasus Penggelapan Dana Covid-19

👤Nur Aivanni 🕔Senin 19 April 2021, 08:05 WIB
Menteri Tenaga Kerja Malawi memecat Ken Kandodo mengalihkan dana covid-19 senilai US$800 untuk membayar perjalanan...
AFP/Kirill KUDRYAVTSEV

AS Peringatkan Rusia Konsekuensi Jika Kritikus Navalny Meninggal

👤Nur Aivanni 🕔Senin 19 April 2021, 07:41 WIB
Washington telah memperingatkan Kremlin bahwa mereka akan dimintai pertanggungjawaban oleh komunitas internasional jika Navalny...
AFP/Abdullah Hammam.

Negara Barat Serukan Rakyat Suriah Boikot Pilpres

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 18 April 2021, 21:01 WIB
Pada pertengahan Maret lalu, Duta Besar AS untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, Linda Thomas-Greenfield, mengimbau masyarakat internasional...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jalan Tol dan PKT untuk Ekonomi yang Lebih Baik

Pembangunan jalan tol sejatinya berpengaruh terhadap roda perekonomian bahkan sejak mulai tahap perencanaan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya