Sabtu 27 Februari 2021, 07:45 WIB

Biden: Serangan Udara AS di Suriah Sebagai Peringatan bagi Iran

Nur Aivanni | Internasional
Biden: Serangan Udara AS di Suriah Sebagai Peringatan bagi Iran

ALEX EDELMAN/AFP
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden.

 

PRESIDEN AS Joe Biden, pada Jumat, mengatakan bahwa serangan udara AS terhadap milisi yang didukung Iran di Suriah timur harus dilihat oleh Iran sebagai peringatan.

"Anda tidak dapat bertindak dengan impunitas," kata Biden saat ditanya apa pesan dari serangan udara tersebut. "Hati-hati," tambahnya saat berbicara di Houston, Texas.

Baca juga: Saudi Tolak Penilaian AS tentang Pembunuhan Khashoggi

Sebelumnya, Sekretaris Pers Biden, Jen Psaki, menyebut serangan itu sebagai pesan yang jelas bahwa Biden akan bertindak untuk melindungi orang Amerika dan ketika ada ancaman, dia berhak untuk mengambil tindakan pada waktu dan cara yang dipilihnya.

Pentagon mengatakan serangan yang dilakukan pada Kamis, yang menurut kelompok pemantau perang Suriah menewaskan 22 anggota milisi, sebagai tanggapan atas serangkaian serangan roket yang menargetkan tentara AS di Irak.

Salah satu serangan itu, di sebuah kompleks militer di ibukota wilayah Kurdi, Arbil pada 15 Februari, menewaskan seorang warga sipil dan kontraktor asing yang bekerja dengan pasukan koalisi, dan melukai beberapa kontraktor AS dan seorang tentara.

Juru Bicara Pentagon John Kirby mengatakan serangan udara AS tersebut menghancurkan sembilan fasilitas dan menghancurkan sebagian dua fasilitas. Kirby mengatakan lokasi yang ditargetkan di dekat perbatasan Suriah-Irak itu diketahui memfasilitasi aktivitas kelompok milisi yang berpihak pada Iran.

Dia mengatakan Pentagon memiliki rincian awal tentang korban, tetapi menolak untuk merilis angka apapun. 

"Kami yakin bahwa ini adalah target sah yang dimanfaatkan oleh kelompok yang terkait dengan serangan baru-baru ini," kata Kirby. (AFP/OL-6)
 

Baca Juga

Frederic J. BROWN / AFP

Tiongkok dan Rusia Hambat Sanksi PBB untuk Junta Militer Myanmar

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 11 April 2021, 20:24 WIB
Uni Eropa menyatakan pihaknya siap menawarkan lebih banyak insentif ekonomi jika demokrasi kembali mendapat tempat di Myanmar yang...
AFP

India Laporkan 152 Ribu Kasus Covid-19 dalam Sehari

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 11 April 2021, 18:52 WIB
Ini merupakan rekor keenam untuk kenaikan kasus harian tertinggi di India. Diketahui, kasus kematian akibat covid-19 sudah mencapai169.275...
AFP

Fasilitas Nuklir di Iran Alami Insiden Kecelakaan

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 11 April 2021, 16:40 WIB
Masalah di fasilitas nuklir Natanz melibatkan jaringan distribusi listrik. Padahal, fasilitas itu baru saja memulai sentrifugal baru...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tata Ulang Desain Olahraga Nasional untuk Capai Prestasi

 Prestasi tidak dicapai dengan proses singkat. Kerap kali butuh waktu bertahun-tahun untuk meraihnya

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya