Rabu 13 Januari 2021, 13:45 WIB

California Sulap Disneyland Jadi Lokasi Vaksinasi Massal

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
California Sulap Disneyland Jadi Lokasi Vaksinasi Massal

AFP/Valerie Macon
Ilustrasi vaksinasi

 

CALIFORNIA mengubah Disneyland menjadi lokasi distribusi vaksin massal. Pejabat wilayah Orange mengatakan resor Disneyland yang terletak di Anaheim akan menjadi yang pertama dari lima lokasi titik pengeluaran super (super POD) dan mampu memvaksinasi hingga ribuan orang setiap hari.

Pengawas wilayah Orange Doug Chaffee mengatakan situs super POD berperan penting dalam menghentikan penyebaran virus. Langkah ini dilakukan ketika jumlah kematian covid-19 di California mencapai 30.000 orang pada Senin (11/1).

California mencapai 10.000 kematian dalam waktu enam bulan. Tetapi kini jumlah kematian melonjak dari 20.000 menjadi 30.000 kematian hanya dalam waktu sekitar sebulan.

Gubernur negara bagian Gavin Newsom dan pejabat kesehatan masyarakat mengandalkan vaksinasi untuk mengendalikan infeksi baru, dimulai dengan petugas medis dan lansia yang paling rentan, seperti mereka yang berada di panti jompo.

Newsom mengakui peluncuran vaksin terlalu lambat dan dia berjanji 1 juta suntikan akan diberikan minggu ini, lebih dari dua kali lipat dari apa yang telah dilakukan sejauh ini.

Selain Disneyland, negara bagian juga berencana mengubah stadion bisbol dan tempat pekan raya menjadi pusat vaksinasi, termasuk Stadion Dodger di Los Angeles, Taman Petco di San Diego, dan tempat pameran CalExpo di Sacramento. Di Bay Area, Oakland Coliseum dan Levi’s Stadium di Santa Clara juga dipertimbangkan sebagai situs vaksinasi massal.

Baca juga:  Taman Hiburan di California Minta Diizinkan Beroperasi Lagi

Upaya itu akan membutuhkan pendekatan serba bisa, termasuk vaksinasi yang diberikan oleh apoteker dan teknisi farmasi, dokter gigi, paramedis dan teknisi medis darurat, serta anggota Garda Nasional California.

Mobil-mobil berbaris di dekat stadion pusat kota di San Diego pada Senin pagi. para pejabat menargetkan untuk menyuntik 5.000 petugas kesehatan setiap hari.

"Ini seperti perjalanan di Disneyland dengan mobil-mobil yang melintas,” kata Heather Buschman, juru bicara UC San Diego Health.

Dia mengatakan orang-orang tampaknya sangat ingin divaksinasi, dengan lebih dari 12.500 petugas kesehatan di wilayah San Diego awalnya menjadwalkan janji temu.

Los Angeles muncul sebagai pusat gelombang musim dingin, terhitung sekitar 40% kematian terkait covid-19 di negara bagian itu. Menurut Direktur Layanan Kesehatan Daerah Christina Ghaly, pada Senin (11/1), hampir 8.000 orang dirawat di rumah sakit di daerah Los Angeles, yang memiliki kurang dari 50 unit perawatan intensif yang tersedia di daerah dengan populasi 10 juta orang.

Direktur Kesehatan Masyarakat Los Angeles Barbara Ferrer memprediksi adanya peningkatan kasus setelah liburan Tahun Baru dan rata-rata covid-19 masih membunuh seseorang di daerah itu setiap delapan menit.

Anggota parlemen juga terus memohon kepada warga untuk menjaga jarak sosial untuk memperlambat penyebaran infeksi. Di wilayah Los Angeles, penduduk didesak untuk memakai masker bahkan ketika berada di rumah jika mereka pergi keluar secara teratur dan tinggal bersama orang tua atau berisiko tinggi.

“Meninggal karena covid di rumah sakit berarti mati sendirian,” kata Ketua Dewan Pengawas Daerah Hilda Solis.

“Pengunjung tidak diizinkan masuk rumah sakit demi keselamatan mereka sendiri. Keluarga berbagi perpisahan terakhir mereka melalui tablet dan ponsel,” imbuhnya.

“Salah satu percakapan yang lebih memilukan yang dibagikan oleh petugas kesehatan adalah tentang kata-kata terakhir, ketika anak-anak meminta maaf kepada orangtua dan kakek nenek mereka karena membawa covid ke rumah, karena membuat mereka sakit,” kata Solis.

“Dan permintaan maaf ini hanyalah beberapa dari kata-kata terakhir yang pernah didengar oleh orang-orang terkasih,” tuturnya.(The Guardian/OL-5)

Baca Juga

AFP/Marty MELVILLE

Selandia Baru akan Tetap Tutup Perbatasan Selama 2021

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 26 Januari 2021, 12:39 WIB
"Mengingat risiko yang tinggi di sekitar kita dan ketidakpastian vaksinasi, kami tidak akan membuka perbatasan sepanjang tahun...
JIM WATSON / AFP

AS Larang Masuk Pelancong dari Brasil, Afrika Selatan, dan Inggris

👤┬áNur Aivanni 🕔Selasa 26 Januari 2021, 12:25 WIB
Presiden AS Joe Biden, pada Senin (25/1), menandatangani perintah yang melarang sebagian besar warga negara non-AS yang baru-baru ini...
AFP/ Brandon Bell/Getty Images

Pasukan Garda Nasional Ditempatkan di Washington Hingga Maret

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 26 Januari 2021, 12:02 WIB
Otoritas keamanan AS khawatir terjadi aksi demonstrasi saat sidang pemakzulan itu dan aksi demonstrasi itu akan ditunggangi oleh kelompok...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya