Selasa 27 Oktober 2020, 11:22 WIB

Antibodi Hanya Bertahan Sebentar di OTG Covid-19

Basuki Eka Purnama | Internasional
Antibodi Hanya Bertahan Sebentar di OTG Covid-19

AFP/OLI SCARFF
Warga mengenakan masker berjalan di Leigh, Greater Manchester, Inggris.

 

PASIEN covid-19 tanpa gejala (OTG) kehilangan antibodi mereka lebih cepat ketimbang pasien yang menunjukkan gejala. Hal itu terungkap dalam sebuah penelitian di Inggris yang diterbitkan pada Selasa (27/10).

Penelitian yang dilakukan Imperial College London dan perusahaan survei Ipsos Mori juga menemukan bahwa kehilangan antibodi berlangsung lebih lambat pada pasien berusia antara 18-24 tahun ketimbang mereka yang berusia di atas 75 tahun.

Secara keseluruhan, sampel dari ratusan ribu orang di Inggris, antara pertengahan Juni dan akhir September, menunjukkan prevalensi kehilangan antibodi covid-19 sebesar lebih dari seperempat.

Baca juga: Protes Pembatasan Baru, Demonstran Italia Bentrok dengan Polisi

Penelitian yang dimodali oleh pemerintah Inggris dan diterbitkan dalam jurnal ilmiah, Imperial, Selasa (27/10), menunjukkan imunitas terhadap covid-19 berkurang seiring waktu pascainfeksi.

James Bethell, menteri muda kesehatan Inggris, menyebut penelitian itu penting untuk membantu meningkatkan pengertian mengenai antibodi covid-19.

Penelitian itu melibatkan 365 ribu orang dewasa yang dipilih secara acak. Mereka kemudian menjalani tiga kali pemeriksaan antibodi covid-19 antara 20 Juni dan 28 September.

Hasilnya, jumlah orang yang memiliki antibodi menurun sebesar 26,5% dalam periode tiga bulan itu.

Ditingkatkan ke tingkat nasional, itu berarti jumlah populasi Inggris yang memiliki antibodi covid-19 turun dari 6% menjadi 4,4%.

"Penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah orang yang memiliki antibodi menurun seiring berjalannya waktu," ujar Helen Ward, salah satu peneliti.

"Kami tidak tahu apakah ini berarti pasien bisa kembali terinfeksi covid-19 namun, yang pasti, penting bagi semua orang untuk terus menjalankan protokol kesehatan," pungkasnya. (AFP/OL-1)

Baca Juga

ASHRAF SHAZLY / AFP

PM Ethiopia Klaim Pertempuran di Tigray Selesai

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 29 November 2020, 08:32 WIB
Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed  mengatakan bahwa operasi militer di wilayah Tigray selesai setelah tentara mengklaim kendali...
MI/Pius Erlangga

Pertukaran Pemuda Untuk Tingkatkan SDM dan Diplomasi

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Minggu 29 November 2020, 07:34 WIB
Program pemuda internasional ini tidak hanya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia, namun juga untuk mendukung...
AUDU MARTE / AFP

Boko Haram Kembali Bunuh 43 Buruh Tani

👤Siswantini Suryandari 🕔Minggu 29 November 2020, 06:36 WIB
Kelompok pejuang  Boko Haram menewaskan sedikitnya 43 buruh tani  dan melukai enam lainnya di sawah dekat kota Maiduguri di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya