Rabu 14 Oktober 2020, 08:10 WIB

Penyebab Ledakan Beirut, FBI: Tak ada Kesimpulan yang Dicapai

mediaindonesia.com | Internasional
Penyebab Ledakan Beirut, FBI: Tak ada Kesimpulan yang Dicapai

AFP
ledakan di pelabuhan beirut, lebanon

 

BIRO Investigasi Federal (FBI) Amerika Serikat mengakui tak mencapai kesimpulan tepat terkait penyebab ledakan di pelabuhan Beirut pada 4 Agustus yang menewaskan hampir 200 orang dan menyebabkan kerusakan dengan kerugian ditaksir mencapai miliaran dolar.

Badan-badan pemerintah AS dan Eropa yang mengikuti penyelidikan-penyelidikan terhadap ledakan itu sangat yakin ledakan itu merupakan peristiwa kebetulan.

"Tak ada kesimpulan sedemikian yang dicapai," kata juru bicara FBI melalui surel.

Dia mengutip pernyataan sebelumnya soal badan AS yang akan memberikan bantuan investigasi bagi Lebanon dalam penyelidikan mereka.

"Pertanyaan-pertanyaan lebih jauh harus diarahkan ke pihak-pihak berwenang Lebanon sebagai investigator-investigator yang di depan," ucap juru bicara itu.

Baca juga: Palang Merah Lebanon Sebut Banyak Korban masih Terperangkap

Media Lebanon, Selasa (13/10), menyampaikan laporan FBI mengenai ledakan itu diserahkan ke seorang hakim Lebanon pada Senin. FBI enggan berkomentar mengenai laporan-laporan itu.

Dua sumber pemerintah AS yang mengetahui laporan resmi dan analisis mengenai kejadian itu mengatakan bahwa badan-badan AS juga kebanyakan percaya bahwa ledakan itu, yang melibatkan amonia nitrat dalam jumlah besar yang disimpan di sebuah bangunan pelabuhan selama bertahun tahun, merupakan sebuah kecelakaan.

Satu sumber pemerintah Eropa yang mengetahui laporan dan analisis intelijen mengatakan para ahli Eropa yang resmi juga menilai ledakan itu peristiwa kebetulan alias kecelakaan.(Ant/OL-5)

Baca Juga

AFP/Sam Yeh

Militer Taiwan Jalani Latihan untuk Hadapi Tiongkok

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Selasa 19 Januari 2021, 15:31 WIB
Ancaman Tiongkok yang meningkat datang ketika tawaran ekonomi dan politik tidak membuahkan...
AFP

Pandemi Covid-19 Ungkap Kemiskinan Tersembunyi di Jepang

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Selasa 19 Januari 2021, 15:28 WIB
Kalangan ahli mengkhawatirkan kenaikan angka pengangguran di Jepang. Sebab, peningkatan 1% angka pengangguran berpotensi menyebabkan 3.000...
NICHOLAS KAMM / AFP

Di Video Perpisahan, Melania Trump Minta Tidak Gunakan Kekerasan

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 19 Januari 2021, 14:57 WIB
Melania Trump mengatakan bahwa kekerasan tidak pernah menjadi jawaban, beberapa minggu setelah pendukung presiden menyerbu gedung Capitol...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya