Kamis 25 Juni 2020, 14:56 WIB

70 Tahun Perang Korea, Korsel-AS Perkuat Komitmen Perdamaian

Nur Aivanni | Internasional
70 Tahun Perang Korea, Korsel-AS Perkuat Komitmen Perdamaian

AFP/Ed Jones
Veteran perang berdiri di tengah peringatan 70 tahun Perang Korea.

 

KOREA Selatan dan Amerika Serikat (AS) menegaskan kembali komitmen untuk mempertahankan perdamaian di Semenanjung Korea, saat menandai peringatan ke-70 Perang Korea.

Komunis Korea Utara menyerbu Korea Selatan yang didukung AS pada 25 Juni 1950. Perang selama tiga tahun mengakibatkan jutaan korban jiwa.

Pertempuran berakhir dengan gencatan senjata yang tidak pernah digantikan perjanjian perdamaian. Alhasil, Semenanjung Korea dibagi Zona Demiliterisasi (DMZ). Secara teknis, Korea Selatan dan Korea Utara masih berperang.

"Hari ini, tahun 1950, aliansi militer AS-Republik Korea lahir dari kebutuhan dan ditempa dengan darah," ujar Menteri Pertahanan AS, Mark Esper, dalam pernyataan bersama mitra dari Korea Selatan, Jeong Kyeong-doo.

Baca juga: Semakin Tegang, Korut Siap Edarkan Selebaran Anti-Korsel

Kementerian Pertahanan Korea Selatan menyatakan jumlah korban jiwa dari konflik militer mencapai 520 ribu warga Korea Utara, 137 ribu warga Korea Selatan dan 37 ribu warga AS.

Dalam beberapa tahun terakhir, hubungan Seoul dan Washington sempat menegang. Hal itu disebabkan tuntutan pemerintahan Trump, agar Korea Selatan membayar biaya penjagaan 28.500 tentara AS di Semenanjung Korea. Tujuannya, melindungi Korea Selatan dari tetangganya yang bersenjata nuklir, yakni Korea Utata.

Kendati demikian, dalam pernyataan bersama tersebut, AS tetap berkomitmen untuk mempertahankan perdamaian di Semenanjung Korea. Peringatan 70 tahun terjadi ketika hubungan antar-Korea masih membeku. Setelah pemulihan hubungan kedua negara pada 2018, yang membawa pada tiga pertemuan puncak antara pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, dan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in.(AFP/OL-11)

 

Baca Juga

AFP

Parlemen Korut Siap Setujui Agenda Kim Jong-un

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 17 Januari 2021, 15:48 WIB
Sebelum mengadakan sidang, pejabat tinggi parlemen Korut bahkan meletakkan bunga di patung kakek dan ayah Kim sebagai bentuk...
AFP/JEAN-FRANCOIS MONIER

Kekhawatiran pada Vaksin Pfizer-BioNTech di Norwegia Meningkat

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 17 Januari 2021, 12:55 WIB
Kekhawatiran yang meningkat atas vaksin pfizer-biontech lantaran beberapa lansia meninggal akibat mendapati efek samping dari vaksin...
AFP/ODD ANDERSEN

Armin Laschet Terpilih sebagai Pemimpin Partai CDU Jerman

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 17 Januari 2021, 11:20 WIB
Ia telah mengalahkan salah satu rivalnya Friedrich Merz dengan memperoleh 521 suara berbanding 466 suara dalam pemilihan putaran...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya