Kamis 12 Desember 2019, 07:57 WIB

Majalah Time Nobatkan Thunberg Sebagai Person of the Year 2019

Basuki Eka Purnama | Internasional
Majalah Time Nobatkan Thunberg Sebagai Person of the Year 2019

AFP/Evgenia ARBUGAEVA/TIME
Greta Thunberg di kover majalah Time setelah dinobatkan sebagai Person of the Year

 

GRETA Thunberg, remaja Swedia yang muncul menjadi suara generasinya melawan perubahan iklim, Rabu (11/12), dinobatkan sebagai Person of the Year 2019 oleh majalah Time.

Sama sekali tidak dikenal ketika meluncurkan aksi mogok melawan pemanasan global pada 2018, perempuan berusia 16 tahun itu kini telah menginspirasi jutaan orang di dunia untuk mendesak pemerintah dunia serius menangani perubahan iklim.

Kiprah Thunberg itu membuat dia dijagokan untuk meraih Hadiah Nobel.

"Wow, ini tidak bisa dipercaya," cicit Thunberg setelah pengumuman oleh majalah Times itu.

"Saya membagikan kehormatan ini bersama semua orang yang terlibat dalam gerakan #FridaysForFuture dan aktivis lingkungan di dunia," imbuhnya.

Baca juga: Warga Inggris Bersiap Berikan Suara di Pemilu

Majalah Time mewawancarai Thunberg di atas kapal layar yang membawanya dari Amerika Serikat (AS) kembali ke Eropa setelah anak perempuan itu melakukan tur keliling Amerika Utara untuk meningkatkan kepekaan terhadap perubahan iklim.

"Kita tidak bisa terus hidup bagai tidak ada hari esok karena faktanya hari esok itu ada," ujar Thunberg kepada majalah Time.

"Kebijakan iklim yang ada sangat saklek dan kompleks dan Thunberg tidak punya solusi ajaib untuk mengubahnya," kata majalah Time mengenai Thunberg.

"Namun, dia telah sukses menciptakan perubahan sikap global, mentransformasi jutaan kegelishan menjadi sebuah gerakan dunia yang menuntut perubahan segera. Dia telah menawarkan kejelasan moral bagi mereka yang siap bertindak dan melemparkan cela kepada mereka yang memilih diam," imbuh majalah itu.

Dalam tempo beberapa bulan setelah aksi protes tunggalnya di luar gedung Parlemen Swedia, Thunberg menjadi ujung tombak gerakan pemuda yang menuntut aksi penentu kebijakan dunia dalam menghadapi perubahan iklim.

"Saya ingin kalian panik," seru Thunberg kepada CEO dan pemimpin dunia di Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, Januari 2019 lalu. "Saya ingin Anda merasakan rasa takut yang saya rasakan setiap hari. Kemudian, saya ingin Anda bertindak."

Pernyataan Thunberg itu langsung viral di dunia maya. (AFP/OL-2)

 

Baca Juga

Twitter @JustinTrudeau

Trudeau Gunakan Meme Sanders untuk Cegah Warga Kanada Keluar Rumah

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 24 Januari 2021, 07:06 WIB
Pada Sabtu (23/1), Trudeau mengunggah fotonya melakukan konferensi pers di Twitter sembari menampilkan foto Sanders yang sedang duduk...
JOSHUA ROBERTS / AFP

Pembawa Acara TV dan Radio Legendaris Larry King Tutup Usia

👤Adiyanto 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 22:50 WIB
lKing telah berjuang melawan covid-19 selama berminggu-minggu dan telah menderita beberapa masalah kesehatan dalam beberapa tahun...
 ANTARA Foto/Faizal

Malaysia Catat Angka Tertinggi Covid-19 Sebanyak 4.275 Kasus

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 21:28 WIB
Negara Bagian Selangor terus mencatatkan penambahan kasus harian tertinggi yaitu sebanyak 1.421 dalam tempo 24...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya