Rabu 24 Juli 2019, 17:05 WIB

Menlu Sebut Kunjungan Putra Mahkota Abu Dhabi Bersejarah

Akmal Fauzi | Internasional
Menlu Sebut Kunjungan Putra Mahkota Abu Dhabi Bersejarah

ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/hp.
PRESIDEN MENERIMA PUTRA MAHKOTA ABU DABHI: Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan

 

MENTERI Luar Negeri Retno Marsudi menyebut kunjungan Putra Mahkota Abu Dhabi atau Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Persatuan Emirat Arab Pangeran Sheikh Mohamed bin Zayed al Nahyan ke Indonesia, bersejarah. Retno menyebut kunjungan terakhir Abu Dhabi terjadi puluhan tahun lalu dan dilakukan Zayed Al Nahyan yang merupakan ayah Sheikh Mohamed.

“Kunjungan kenegaraan yang pertama setelah 29 tahun, jadi kunjungan terakhir dilakukan oleh ayahnya. Beliau sangat senang bisa kembali ke Indonesia,” kata Retno di Istana Kepresidenan, Bogor, Rabu (24/7).

Pertemuan Mohamed dan Presiden Joko Widodo, lanjut Retno, merupakan pertemuan dua sahabat. Dengan sambutan hangat dari Presiden, pertemuan berlangsung sekitar 2,5 jam.

“Ini juga salah satu pertemuan terpanjang yang pernah dilakukan oleh Pak Presiden dengan tamu dari negara lain mulai dari bandara, di dalam mobil dilanjutkan dengan pembahasan di teras (istana),” jelasnya.

Retno menambahkan Presiden sengaja menjemput langsung Sheikh Mohamed di Bandara Soekarno-Hatta. Bahkan, Kepala Negara juga satu mobil dengan putra mahkota menuju Istana Kepresidenan Bogor.

Baca juga: Jokowi Ajak Keliling Pangeran Abu Dhabi ke Bundaran HI

Dalam perjalanan itu, Jokowi meminta iring-iringan melewati kawasan bundaran HI untuk menunjukkan pesatnya pembangunan di Indonesia kepada Mohamed.

Hal itu dilakukan, lantaran Jokowi juga pernah mendapatkan perlakuan serupa oleh Sheikh Mohamed saat berkunjung ke Abu Dhabi tahun 2015.

“Saat kunjungan ke Abu Dhabi tahun 2015, Presiden dijemput di depan pesawat oleh Sheikh Mohamed, kemudian dibawa masuk ke mobilnya, disetirin sendiri, kemudian dibawa sampai ke restoran oleh Sheikh Mohamed," ceritanya.

Dalam pertemuan itu, kedua negara sepakat melakukan kerja sama dalam berbagai bidang di antaranya terkait investasi, industri, kepabeanan, pariwisata hingga pertahanan.(OL-5)

Baca Juga

AFP/TOM HARRISON

Royal Mint Inggris Ungkap Potret Koin Raja Charles III

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 30 September 2022, 14:08 WIB
Royal Mint Inggris pada hari Jumat meluncurkan patung resmi Raja Charles III yang akan muncul di koin setelah aksesi ke...
AFP/ Sean Rayford

Ribuan Orang Terjebak Banjir saat Badai Ian Menghantam Florida

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 30 September 2022, 14:05 WIB
Ribuan warga Florida yang terperangkap di tengah rumah-rumah yang terendam...
AFP/Oliver Contreras

Biden Tegaskan tidak akan Pernah Akui Aneksasi Ukraina oleh Rusia

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 30 September 2022, 09:57 WIB
"Kehendak sebeneranya dari warga Ukraina terlihat jelas setiap hari saat mereka mengorbankan jiwa raga untuk mempertahankan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya