Senin 03 Juni 2019, 00:00 WIB

Berambisi Taklukkan Gunung Nanda Devi, 8 Pendaki Hilang

Berambisi Taklukkan Gunung Nanda Devi, 8 Pendaki Hilang

AFP
Pegunungan Himalaya

 

PULUHAN pekerja darurat berjuang melawan cuaca buruk pada Sabtu (1/6) untuk menemukan delapan pendaki yang hilang di gunung tertinggi kedua di India.

Empat warga Inggris, dua orang Amerika, seorang warga Australia, dan seorang warga India bersiap untuk mendaki puncak Nanda Devi East--dekat perbatasan dengan Tiongkok.

Puncak Gunung Nanda Devi East ialah bagian dari jajaran Gunung Nanda Devi, yang puncak tertinggi pada 7.826 meter (25.643 kaki).

Kelompok yang dipimpin pendaki Inggris, Martin Moran, yang telah berhasil mendaki puncaknya beberapa kali di masa lalu, gagal kembali ke markas Munsiyari setelah mendaki pada 13 Mei. "Kami telah mengerahkan sumber daya untuk melacak para pendaki setelah mereka gagal kembali ke markas, tetapi cuaca buruk menghambat operasi," kata seorang hakim di distrik Pithoragarh, Vijay Kumar Jogdande.

Melalui akun Facebook organisasi, Presiden British Association of Mountain Guides (BMG), Mark Charlton, dikatakan menjadi pemimpin 6 kliennya dan seorang warga negara India. "BMG berupaya semaksimal mungkin untuk terus berkomunikasi dengan otoritas berwenang India. Saat ini kami cukup sulit memperoleh informasi yang dibutuhkan," tutur Charlton.

Kelompok ekspedisi diketahui berjalan menuju jantung Gunung Nanda Devi, dengan ambisi mencapai puncak perawan. Perjalanan penuh diperkirakan memakan waktu sekitar 24 hari. Dalam sebuah unggahan di jejaring sosial pada 13 Mei, menunjukkan tim ekspedisi memulai perjalanan di perbukitan wilayah kuil Neem Kharoli Baba, Bhowali.

Berdasarkan unggahan terbaru pada 22 Mei, kelompok itu berhasil mencapai kamp dasar kedua pada ketinggian 4.870 meter. Mereka dijadwalkan melanjutkan perjalanan menuju puncak yang belum pernah dicapai, dengan ketinggian 6.477 meter. Namun, pada 25 Mei, wakil pemimpin ekspedisi asal Inggris, Mark Thomas, kembali ke kamp dasar kedua bersama tiga pendaki lainnya.

Dia melakukan kontak radio dengan kelompok beranggotakan 8 orang pendaki yang terus berjalan ke ketinggian. Akan tetapi, Thomas tidak mendengar kabar tim ekspedisi sejak Minggu lalu. Dia pun memutuskan untuk mencari mereka dan menemukan satu tenda dalam keadaan kosong. Terdapat sisa longsoran salju besar di sekitar.

Sejauh ini, belum jelas apakah para pendaki hilang selama pendakian atau turun. Penyebab hilangnya tim ekspedisi masih belum diketahui. "Kami terus melakukan kontak dengan otoritas berwenang India, setelah adanya laporan sejumlah warga negara Inggris hilang di Himalaya. Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk membantu upaya penyelamatan," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri Inggris.

Juru bicara Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia menyatakan pihaknya memberikan bantuan pendamping kepada keluarga pendaki asal Australia. Kemungkinan besar pendaki tersebut berada di antara kelompok ekspedisi yang hilang di sekitar Gunung Nanda Devi. (Theguardian/AFP/Tesa Oktiana Surbakti/I-1)

)

Baca Juga

AFP

Trump Tinggalkan 'Wasiat' untuk Biden

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:52 WIB
Trump tidak memasuki Oval Office tetapi meninggalkan pesan pada seorang ajudan sebelum meninggalkan kediaman eksekutif sekitar pukul 8...
AFP/Brendan Smialowski

Jelang Biden Dilantik, Mahmakah Agung AS Diancam Diledakkan

👤Widhoroso 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:32 WIB
Gedung Mahkamah Agung AS dapat ancaman bom....
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Pabrik Tempe Pertama RI Resmi Dibangun di Tiongkok

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:01 WIB
Pabrik tempe tersebut dibangun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia di Tiongkok yang dikatakan cukup besar untuk mendapatkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya