Kamis 31 Januari 2019, 11:50 WIB

Pompeo Sebut KTT Trump-Kim Digelar di Asia

Antara | Internasional
Pompeo Sebut KTT Trump-Kim Digelar di Asia

Spencer Platt/Getty Images/AFP

 

MENTERI Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo pada Rabu (30/1) mengatakan dia mengirim sebuah tim untuk membuat persiapan konferensi tingkat tinggi (KTT) mendatang antara Presiden Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un yang akan digelar di suatu tempat di Asia pada Akhir Februari.

Dalam sebuah wawancara dengan Fox News Channel, Pompeo mengatakan Korea Utara setuju untuk menggelar KTT kedua antara kedua pemimpin yang akan digelar pada akhir Februari.

"Kami akan melakukannya di suatu tempat di Asia," kata Pompeo.

"Saya mengirim sebuah tim ke sana. Mereka ke sana untuk menetapkan dasar yang saya harap menjadi langkah tambahan penting bukan hanya untuk denuklirisasi namun juga masa depan yang lebih cerah bagi rakyat Korea Utara," kata Pompeo.

Pompeo tidak menyebutkan nama lokasi KTT-nya. Vietnam pekan lalu mengatakan pihaknya tidak diberi tahu mengenai waktu atau tempat kemungkinan digelarnya KTT Trump-Kim, meskipun demikian, pihaknya yakin mereka siap menggelar pertemuan semacam itu.

 

Baca juga: Trump akan Berpidato di Hadapan Kongres pada 5 Februari

 

Para pejabat dan diplomat dua pekan lalu mengatakan Vietnam bersedia menjadi tuan rumah KTT itu dan dua sumber mengatakan kepada Reuters bahwa Hanoi tengah mempersiapkan penyambutan kunjungan kenegaraan Kim.

Singapura, tempat Trump dan Kim bertemu pada Juni lalu, dan Bangkok juga sudah diberi tahu mengenai kemungkinan recana KTT itu.

Juni lalu, pertemuan pertama antara presiden AS yang masih menjabat dan pemimpin Korea Utara itu menghasilkan sebuah komitmen yang masih samar mengenai denuklirisasi Semenanjung Korea, upaya yang menurut Washington masih belum dilakukan secara konkret oleh Kim. (OL-3)

Baca Juga

AFP/Mohammed Abed.

Israel Runtuhkan Rumah Warga Palestina Diduga Membunuh dengan Kapak

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 19:59 WIB
Israel menghancurkan rumah dua pemuda Palestina di Tepi Barat yang diduduki pada Senin (8/8). Keduanya dicurigai melakukan serangan...
AFP/Said Khatib.

Gencatan Senjata Israel-Jihad Islam, Truk Bahan Bakar Masuk Gaza

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 16:57 WIB
Truk bahan bakar memasuki Jalur Gaza, Palestina, saat gencatan senjata yang ditengahi Mesir antara Israel dan militan Jihad Islam diadakan...
AFP/Ed Jones

PBB Minta Ukraina dan Rusia tak Main Api di PLTN Zaporizhzhia

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 08 Agustus 2022, 16:32 WIB
"Setiap serangan ke pembangkit nuklir adalah bunuh diri. Saya berharap serangan itu akan berakhir, dan pada saat yang sama saya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya