Jumat 24 Maret 2023, 12:55 WIB

Rahasia Pengelolaan Sumber Daya Air Danone-Aqua

Mediaindonesia.com | Humaniora
Rahasia Pengelolaan Sumber Daya Air Danone-Aqua

Dokumentasi pribadi.
Kegiatan pertanian lestari untuk menjaga penggunaan air secara efisien.

 

HARI Air Sedunia senantiasa diperingati pada 22 Maret. Memperingati Hari Air Sedunia, Danone-Aqua membeberkan sejumlah rahasia dalam mengelola sumber daya air di Indonesia yang sudah berlangsung 50 tahun.

"Aqua ialah produk air minum dalam kemasan yang sehat dan berkualitas. Kualitas itu dimulai dari pemilihan sumber air terbaik yang terletak di pegunungan Indonesia. Untuk mendapatkan sumber air yang sesuai dengan kriteria perusahaan tidaklah mudah. Danone-Aqua melakukan penelitian terintegrasi oleh tim ahli yang bekerja minimal satu tahun untuk mempelajari karakteristik sumber air baik dari sisi geologi, hidrologi, hidrogeologi, hidrogeokimia, dan mikrobiologi, serta analisa keseimbangan neraca air untuk menjamin produksi dan kelestarian lingkungan yang berkelanjutan," ungkap Direktur Komunikasi Danone Indonesia Arif Mujahidin dalam keterangan tertulis, Jumat (24/3).

Air yang dimanfaatkan Aqua, lanjut Arif, berasal dari lapisan tanah dalam yang terlindungi lapisan kedap (confined aquifer). Karenanya, air ini sehingga tidak berhubungan dengan air permukaan yang biasanya digunakan masyarakat untuk irigasi atau pemenuhan kebutuhan sehari-hari, seperti mandi, mencuci, dan sebagainya. Dalam perjalanannya air dari tanah dalam itu mengalir melewati berbagai batuan yang memperkaya air tersebut dengan mineral-mineral alami. Itu sebabnya Aqua selalu mengandung mineral seimbang yang dibutuhkan tubuh manusia.

Baca juga: Manakah yang Lebih Ampuh Mengatasi Anemia, Sayuran Hijau atau Daging?

Senior Eksternal Relations Danone-Aqua Wilayah Jawa Barat Murtijo Utomo menjelaskan air yang dimanfaatkan selalu diuji dan dipantau, baik dari kualitas maupun volumenya, sehingga kualitas air dan keseimbangan alam tetap terjaga. Air ialah sumber daya yang terbarukan. Oleh karena itu pihaknya perlu menjaga keseimbangan di dalam siklus air, yaitu antara proses pengambilan dan pengisian air kembali.

Itu sebabnya Danone-Aqua gencar menjalankan berbagai program pelestarian lingkungan untuk menjaga kualitas dan keseimbangan kuantitas air yang bekerja sama dengan berbagai pihak dan berbasis masyarakat. "Perlindungan sumber daya air yang dijalankan Danone-Aqua bertujuan menjamin ketersediaan air, kemurnian dan kualitas sumber air, serta menjaga kelestarian sumber daya air," tambah Senior Eksternal Relations Manager Wilayah Sumatra Wirnos. 

Baca juga: Cara Mengatasi Mual saat Mudik Menjelang Lebaran

Berbagai upaya dilakukan Danone-Aqua untuk menjaga keberlanjutan alam dan lingkungan yang mendorong terciptanya bisnis yang berkelanjutan, termasuk melakukan perlindungan sumber daya air. "Hingga saat ini perusahaan melakukan penanaman 2.526.816 pohon, pembuatan 92.859 biopori, pembuatan 2.315 sumur imbuhan, dan berbagai kegiatan konservasi lain guna memastikan peresepan air kembali ke dalam tanah, menjaga ketersediaan air, dan sekaligus melestarikan lingkungan," papar Conservation Program Manager Danone Indonesia Arman Abdurrohman. (Z-2)

Baca Juga

Dok Ditjen Kerja Sama ASEAN.

Konferensi Pusat Studi ASEAN Wujud Sinergi Kemlu dengan Perguruan Tinggi

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Juni 2023, 15:07 WIB
Konferensi PSA membahas hasil capaian Indonesia pada berbagai pertemuan ASEAN 2023 di berbagai pilar masyarakat ASEAN, khususnya KTT ke-42...
Pexels

Rekomendasi Nama Anak Laki-laki Kristen dan Artinya

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Kamis 01 Juni 2023, 14:10 WIB
Berikut inspirasi nama anak laki-laki untuk agama...
Freepik

Hari Susu Sedunia dan Nusantara, Ini Latar belakang Serta Manfaatnya

👤Meilani Teniwut 🕔Kamis 01 Juni 2023, 14:03 WIB
Hari susu Sedunia dan  Nusantara diperingati setiap tanggal 1 Juni. Tujuan dari diperingati hari susu ini agar mengigatkan kita...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya