Senin 27 Februari 2023, 12:00 WIB

Ini Tips Mengenalkan Pengelolaan Keuangan pada Anak

Basuki Eka Purnama | Humaniora
Ini Tips Mengenalkan Pengelolaan Keuangan pada Anak

AFP/Bay Ismoyo
Ilustrasi

 

PSIKOLOG anak dari Universitas Indonesia Rose Mini Agoes Salim membagikan kiat dan langkah-langkah yang harus dilakukan orangtua untuk mengenalkan pengelolaan keuangan kepada anak-anak sejak dini.

"Untuk mengenalkan tentang bagaimana cara mereka mengatur keuangan bagi anak-anak, pertama yang harus diajarkan dulu adalah tentang nilai atau value uang," kata psikolog yang akrab disapa Romi itu, dikutip Senin (27/2).

Edukasi tentang nilai uang dapat diberikan pada anak mulai dari saat mereka berada di usia sekolah dasar. 

Baca juga: Gawai Ternyata Bisa Bantu Menstimulasi Pertumbuhan Anak

Ketika sudah bisa memahami nilai uang mana yang lebih besar dan mana yang lebih kecil, pengetahuan anak akan melangkah ke tahap selanjutnya yaitu belajar mengatur uang saku yang diberikan orangtua.

Menurut Romi, orangtua harus betul-betul memahami barang yang menjadi kebutuhan anak sebelum memberikan uang saku, termasuk mengetahui harga makanan yang biasa dibeli anak. 

Jangan sampai uang saku yang diberikan kurang atau bahkan terlalu berlebih. Pembatasan uang saku bertujuan agar anak dapat mengontrol keinginannya antara mana yang harus dibeli dan yang tidak.

"Memberikan uang kepada anak itu juga tidak boleh terlalu berlebih dulu karena pada saat dia belajar awal tentang bagaimana mengontrol keuangannya, dia harus belajar dulu bagaimana juga meregulasi dirinya, mengontrol dirinya," kata Romi.

Setelah menetapkan total besaran anggaran uang saku, Romi menganjurkan orangtua memberikan uang secara bertahap misalnya dimulai dari tiga hari sekali hingga seminggu sekali. 

Ajarkan juga pada anak bahwa dia dapat membeli sesuatu yang diinginkan apabila menyisihkan atau menabung dari uang saku yang rutin diberikan orangtua.

"Misalnya, kalau dia ingin membeli permainan tertentu dia harus menyimpan atau me-save uangnya untuk beberapa hari agar itu bisa terlaksana. Dengan demikian, kemampuan dia juga untuk mengontrol diri jadi baik," paparnya.

Orangtua juga harus lebih percaya kepada sang anak bahwa mereka sudah memiliki kemampuan mengelola keuangannya sendiri dari uang saku. Di samping itu, anak juga harus mengetahui tentang pertanggungjawaban dan alasan di balik barang yang dia beli sendiri dari hasil menabung.

"Karena bukan berarti kalau anak kemudian sudah memiliki keleluasaan dengan uang, dia bisa melakukan apa saja sendiri. Makanya, porsi atau jatah uang yang diberikan allowance-nya itu harus disesuaikan dengan usia," ujar Romi.

Dengan edukasi pengelolaan keuangan yang baik, anak akan lebih menghargai barang yang dibeli sendiri dan mengontrol diri untuk tidak menghambur-hamburkan uang. 

Diharapkan, anak dapat menjadi seorang yang lebih bertanggung jawab dan lebih mandiri dalam hal keuangan di masa depan.

Ketika anak dinilai telah berhasil mengelola keuangan sendiri, orangtua juga dapat memberikan apresiasi atau reward kepada mereka. Romi menyarankan untuk memberikan reward yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kepribadian anak.

"Ada kemungkinan bahwa anak hanya membutuhkan two thumbs up atau dua jempol atau pelukan karena dia sudah bisa me-manage uangnya sendiri atau dia sudah bisa membeli target dari apa yang dia inginkan sendiri dari allowance yang dia miliki,"  pungkas Romi. (Ant/OL-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Suwandy

Warga Negeri Wakal Maluku Sudah Mulai Berpuasa Ramadan

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 21 Maret 2023, 00:40 WIB
WARGA Negeri Wakal, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Maluku, hari ini sudah mulai melakukan ibadah puasa bulan...
Istimewa

Media Indonesia Sabet Dua Penghargaan Indonesia Print Awards 2023

👤Zubaedah Hanum 🕔Senin 20 Maret 2023, 23:25 WIB
MEDIA Indonesia meraih dua penghargaan Indonesia Print Awards (IPMA) 2023. Pertama, The Best of Travel and Sport Photography (Silver...
Ist

Hari Hutan Internasional, Upaya Pelestarian dan Mitigasi Bencana Jadi Sorotan

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 20 Maret 2023, 23:18 WIB
Pemanfaatan dan pengelolaan hutan harus tetap mempertimbangkan beragam aspek demi keseimbangan dan pelestarian...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya