Kamis 19 Januari 2023, 15:38 WIB

Soal Chiki Ngebul, IDAI: Jaga Diri dengan Makanan dari Rumah

Meilani Teniwut  | Humaniora
Soal Chiki Ngebul, IDAI: Jaga Diri dengan Makanan dari Rumah

medcom
chiki ngebul

 

KASUS chiki ngebul menjadi sororotan lantaran banyak korban berjatuhan dan beberapa harus dioperasi. Melihat kasus tersebut, Ketua Unit Kerja Koordinasi IDAI Gastro-Hepatologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr Muzal Kadim menyarankan untuk mengonsumsi kudapan yang dimasak di rumah. Selain sehat, kita dapat menjamin mutu dan kebersihannya.

"Harusnya kita juga menjaga diri sendiri. Yang terbaik makanan itu dari rumah sendiri, dibuat sendiri dari rumah dan tentunya lebih sehat dan seimbang karbohidrat serta proteinnya. Kalau bisa ada buahnya,” ujar Muzal.

Muzal menambahkan nitrogen cair yang dipakai pada ‘Chiki Ngebul’ itu adalah unsur kimia yang tidak boleh digunakan secara sembarangan. Baik dalam menyajikan maupun mengolah makanan. Karena bahannya yang mudah menguap, tidak boleh dikelola di ruangan tertutup.

“Cara pengelolaan dan penyimpanan juga tidak boleh di ruang tertutup, khawatir bisa meledak nanti,” imbuhnya.

Selain itu, Muzal menyampaikan suhu nitrogen yang sudah cair mencapai-196 derajat Celsius dan temperatur sedingin ini cukup berisiko. Zat tersebut bisa menyebabkan luka bakar atau radang dingin, terutama pada beberapa jaringan lunak, seperti kulit.

Baca juga: Pedagang Chiki Ngebul Masih Dijumpai di Lembang

Sementara itu, Ketua Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Piprim Basarah Yanuarso mendesak pemerintah untuk turun tangan dalam kasus chiki ngebul. Makanan chiki ngebul dengan nitrogen cair membuat anak-anak sakit menjadi alarm untuk pemerintah.

"Saya kira dengan adanya kejadian anak yang sakit karena ciki ngebul itu ini wake up call alarm buat pemerintah, harus turun tangan, harus hadir untuk menjamin makanan yang dikonsumsi oleh anak-anak kita dan oleh masyarakat pada umumnya itu adalah aman," ucap Piprim dalam konferensi pers secara virtual yang bertajuk "Jajanan Anak dan Kesehatan Pencernaan".(OL-5)

Baca Juga

ANTARA FOTO/ASEP FATHULRAHMAN

Beragam Cara Membuat Telur Asin, Masir dan Berminyak

👤Mesakh Ananta Dachi  🕔Kamis 02 Februari 2023, 23:54 WIB
Berbeda dengan telur biasa, telur asin memiliki rasa yang lebih gurih dan tidak mengeluarkan amis...
MI/Kristiadi

Mengenal Perencanaan Produksi, Langkah-langkah dan Fungsi

👤Mesakh Ananta Dachi  🕔Kamis 02 Februari 2023, 23:44 WIB
Dalam melakukan kegiatan perencanaan produksi dibutuhkan sebuah abstraksi mengenai hal-hal yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan kegiatan...
Dok: Cold Stone Creamery

Aneka Resep Dessert Box yang Lagi Tren

👤Mesakh Ananta Dachi  🕔Kamis 02 Februari 2023, 23:37 WIB
Dessert box menjadi salah satu jenis makanan yang populer dan digemari banyak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya