Jumat 13 Januari 2023, 23:31 WIB

Manfaat Air Beras untuk Wajah dan Cara Menggunakan

Meilani Teniwut | Humaniora
Manfaat Air Beras untuk Wajah dan Cara Menggunakan

MI/Abdus.
Seorang santri Pondok Pesantren Siwalan Panji, Kecamatan Buduran, Sidoarjo, tengah menanak nasi (ngliwet) untuk persiapan berbuka puasa.

 


TAHUKAH kami air beras menjadi salah satu rahasia kecantikan wanita di Asia? Selama berabad-abad, wanita Asia telah menggunakan air beras untuk merawat kecantikan wajah dan rambut mereka.  

Beragam manfaat air beras untuk wajah membuat produk-produk kecantikan yang beredar saat ini banyak yang mengandung air beras. Nah, salah satu manfaat air beras untuk wajah adalah dapat membantu mencegah pigmentasi atau penggelapan warna kulit, memperbaiki tekstur kulit, serta memudarkan flek hitam. Selain itu, apa saja manfaat air beras untuk wajah, kulit, dan rambut? Bagaimana cara membuat endapan air beras? 

Wajah lebih lembut dan bercahaya

Air cucian beras dapat membersihkan wajah agar wajah lebih lembut dan bercahaya. Kamu bisa menuangkan sedikit air cucian beras ke atas kapan dan pijat-pijat wajah. 

Lalu, biarkan air cucian tersebut mengering di kulit. Untuk merasakan manfaat air cucian beras untuk wajah secara optimal, kamu dapat melakukan beberapa kali dalam seminggu.

Mengencangkan wajah

Manfaat air cucian beras untuk wajah selanjutnya membantu mengencangkan kulit, mengecilkan pori-pori, dan menjaga wajah tetap halus. Air cucian beras dapat digunakan sebagai toner. Cara ini cukup tuangkan sedikit ke atas kapas dan oleskan ke wajah.

Mencegah jerawat

Manfaat air cucian beras untuk wajah bagus untuk mencegah jerawat. Air cucian beras dapat membantu mengurangi kemerahan dan bertindak sebagao astringent yang akan membantu mencegah munculnya jerawat baru.

Pengobatan eksim

Salah satu manfaat air cucian beras untuk wajah adalah meredakan eksim. Caranya, celupkan waslap bersih ke dalam cucian air beras. Lalu, tepuk-tepuk kain tersebut ke area yang terkena eksim. 

Lakukan diamkan selama beberapa menit. Biarkan wajah kamu mengering dengan sendirinya.

Atasi kulit terbakar akibat sinar matahari

Manfaat air cucian beras untuk wajah yang selanjutnya, yaitu dapat membantu mengurangi peradangan dan kemerahan akibat wajah terbakar sinar matahari. Kamu juga bisa  mengoleskan air cucian beras pada wajah yang terbakar akibat sinar matahari menggunakan kapas.

Awet muda

Manfaat air cucian beras untuk wajah bisa membuat awet muda. Gunakan air beras untuk membuat perawatan sederhana dan efektif untuk bintik-bintik penuaan dan perubahan warna wajah lainnya.

Campurkan satu sendok teh air beras dengan beberapa tetes minyak kelapa yang difraksinasi dan pijatkan ke wajah serta leher. Seiring waktu, menggunakan air beras secara teratur, hiperpigmentasi atau bintik-bintik cokelat dikatakan berkurang.

Beras mengandung antioksidan alami seperti vitamin C, vitamin A, fenolik, dan senyawa flavonoid yang dapat meminimalkan kerusakan akibat radikal bebas akibat usia, sinar matahari, dan lingkungan.

Menenangkan kulit yang teriritasi

Eksim bukan satu-satunya kondisi kulit yang mendapat manfaat air cucian beras untuk wajah. Mengutip National Library of Medicine, menemukan bahwa pasien dengan dermatitis atopik mengalami peningkatan penyembuhan kulit sebesar 20% karena mandi dengan air beras 2 kali sehari. Jika kulit gatal atau teriritasi, cobalah mandi air cucian beras dan berendam dalam waktu lama.

Mencerahkan kulit

Manfaat air cucian beras untuk wajah dapat mencerahkan kulit atau mengurangi bercak hitam. Faktanya, banyak produk komersial termasuk sabun, toner, dan krim mengandung air beras.

Mengatasi kulit kering

Manfaat air cucian beras untuk wajah diketahui membantu iritasi kulit yang disebabkan oleh sodium laurel sulfate (SLS). Menggunakan air beras dua kali sehari membantu kulit yang telah kering dan rusak akibat SLS.

Kesehatan perlindungan kulit

Manfaat air cucian beras untuk wajah mampu memperbaiki dan menjaga pelindung alami kulit. Hal ini dapat membantu mempersiapkan kulit Kamu untuk melawan dan mencegah masalah, seperti dermatitis atopik dan melindungi dari kerusakan akibat polusi.

Menenangkan kerusakan akibat sinar matahari

Manfaat air cucian beras untuk wajah dapat memberikan efek dingin pada kerusakan ringan akibat terkena sinar matahari, seperti kemerahan, terbakar sinar matahari, peradangan, dan gatal-gatal.

Kulit berminyak

Manfaat air cucian beras untuk wajah dapat mengencangkan pori-pori dan mengencangkan kulit jika digunakan pada kulit berminyak. 

Rambut berkilau

Membilas rambut dengan air beras dapat menambah kilau pada rambut serta membantunya tetap kuat dan sehat. Caranya, setelah keramas menggunakan sampo, tuangkan air cucian beras ke rambut Kamu. Pijat lembut ke kulit kepala dan rambut, lalu bilas hingga bersih dengan air.

Melembapkan rambut

Air beras juga bisa digunakan untuk melembapkan rambut. Setelah keramas, oleskan air beras ke rambut bersama dengan beberapa tetes minyak esensial lavender atau minyak esensial rosemary. Biarkan air beras menempel di rambut selama 10 menit, lalu bilas dengan air dingin.

Memperkuat rambut

Pati dalam air beras dapat membantu memperkuat rambut. Air beras mengandung kadar pati yang tinggi sehingga melapisi batang rambut untuk menambah kekuatan.

Selain itu, air beras melapisi helai rambut, mirip dengan protein. Oleh karena itu, air beras memiliki kemampuan untuk memperkuat batang rambut dan menebalkan rambut.

Meningkatkan kesehatan kulit kepala

Penggunaan air beras di kulit kepala dapat menyehatkan. Dalam merawat kulit kepala dengan air beras, kulit kepala dapat diinfuskan dengan vitamin, asam amino, dan trace mineral lain yang ditemukan di dalamnya.

Menenangkan iritasi

Pati air beras membantu memperbaiki kulit yang rusak pada individu yang mengalami iritasi akibat penggunaan natrium lauril sulfat dan juga penderita dermatitis. Ketika dicampur dengan emolien dan minyak akan menambah nutrisi tambahan untuk kulit. Jadi, bilasan air beras dapat membantu meredakan peradangan di kulit kepala, tetapi jangan berlebihan.

Penampilan rambut

Manfaat air beras untuk rambut selanjutnya adalah memperbaiki penampilan rambut. Air beras dapat membuat rambut menjadi halus dan mencegah rambut bercabang.

Membantu pertumbuhan rambut

Kemampuan air beras dapat menumbuhkan rambut karena adanya pengaruh pada kulit kepala. Air beras kaya akan antioksidan. Antioksidan memelihara folikel rambut dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Hal Ini meningkatkan kesehatan rambut dengan menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan rambut.

Ada beberapa cara yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan air beras yang bisa digunakan dalam perawatan wajah.

Merendam beras

Merendam beras merupakan cara yang paling mudah untuk mendapatkan air beras. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

- Ambil ½ cangkir beras.
- Cuci hingga bersih.
- Masukkan beras ke dalam mangkuk dan tambahkan 2-3 gelas air.
- Diamkan selama 30 menit.
- Saring air beras ke dalam mangkuk bersih.
- Air beras siap untuk digunakan pada wajah.

Melakukan proses fermentasi

Cara mendapatkan air beras selanjutnya adalah melakukan proses fermentasi. Untuk mendapatkan fermentasi air beras, lakukan 3 langkah awal di bagian merendam air beras. Selanjutnya, rendam beras selama dua hari di tempat yang sejuk. Setelah itu, saring dan tampung air beras ke dalam mangkuk bersih, lalu gunakan pada wajah.

Memasak beras

Anda juga bisa mendapatkan air beras untuk perawatan wajah dengan memasak beras, caranya:

- Masukkan ½ cangkir beras ke dalam panci.
- Tambahkan air dua kali lipat dari takaran biasanya ketika Anda memasak nasi.
- Saat nasi dan air mendidih, saring air beras ke dalam mangkuk yang bersih.
- Dinginkan saringan air beras, kemudian gunakan pada wajah. (OL-14)

Baca Juga

Dok. LPPOM MUI

Peran Aktif LPPOM MUI dalam Ekosistem Halal RI

👤Dinda Shabrina 🕔Selasa 31 Januari 2023, 07:00 WIB
LPPOM MUI terus mendorong perusahaan dalam meningkatkan nilai tambah produknya, agar dapat bersaing secara nasional dan melaju ke kancah...
DOK Kemenko PMK

Menko PMK: Dana Penanggulangan Kemiskinan Tidak Sampai Rp500 Triliun

👤Syarief Oebaidillah 🕔Senin 30 Januari 2023, 23:29 WIB
DANA yang telah dikeluarkan pemerintah untuk penanggulangan kemiskinan dalam arti yang spesifik, hingga kini tidak sampai Rp500...
Dok. Labschool Jakarta

Asah Kreativitas dalam Karya dan Kompetisi, SMP Labschool Kebayoran Kembali Gelar ACEX

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 30 Januari 2023, 22:52 WIB
Kegiatan yang rutin diadakan tersebut, tidak hanya memberikan ruang untuk berkarya dan berekspresi, tapi juga mengapresiasi tumbuh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya