Senin 09 Januari 2023, 16:42 WIB

BPOM Batam Lakukan Pengawasan Terkait Makanan Mengandung Nitrogen Cair

Mediaindonesia.com | Humaniora
BPOM Batam Lakukan Pengawasan Terkait Makanan Mengandung Nitrogen Cair

Kaskus
Ilustrasi

 

Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Batam melakukan pengawasan terhadap peredaran makanan ringan yang mengandung nitrogen cair atau LN2 sebagai tambahan dalam makanan itu.

“Kami bersama Dinas Kesehatan sudah memantau beberapa lokasi penjualan makanan ringan tersebut. Kami juga menyampaikan ke pedagang terkait potensi-potensi bahaya dari penggunaan nitrogen cair di makanan,” ujar Kepala BPOM Batam Kepulauan Riau Lintang Purba saat dihubungi di Batam, Senin (9/1).

Selain menyampaikan potensi-potensi bahaya dari penggunaan nitrogen cair, pihaknya melihat bagaimana cara pedagang tersebut menggunakan nitrogen cair tersebut ke dalam makanan.

“Jenis nitrogen cair apa yang digunakan, apakah makanan tersebut sudah masuk food grade (standardisasi material yang layak digunakan untuk memproduksi perlengkapan makanan), kondisi tabung dan bagaimana sisa-sisa dari nitrogen cair tersebut,” kata dia.

Lintang menjelaskan, pihaknya sampai saat ini memang tidak merekomendasikan penggunaan nitrogen cair untuk makanan karena belum ada kajian pasti dalam penggunaannya.

Lebih lanjut kata dia, nitrogen cair ini biasanya hanya digunakan sebagai bahan tambahan dalam pembuatan es krim yang gunanya sebagai pendingin.

“Jadi tidak dicampur ke dalam makanan. Ada yang digunakan untuk makanan, tapi tergantung dari kualitas makanan seperti untuk industri. Bukan digunakan sebagai bahan tambahan pangan,” ucapnya.

Untuk itu dia mengimbau para para pedagang serta masyarakat untuk tidak dulu mengkonsumsi makanan yang mengandung nitrogen cair.

“Kami tidak merekomendasikan sampai ada kajian dari ahli terkait penggunaan nitrogen cair tersebut ke bahan makanan,” katanya. (Ant/OL-12)

Baca Juga

Dok BMI

BMP Beri Perhatian Khusus Masalah Stunting

👤Media Indonesia 🕔Selasa 31 Januari 2023, 22:30 WIB
BUNDA Merah Putih (BMP) memberikan perhatian khusus kepada masalah stunting yang terjadi di sejumlah...
Dok RRI

RRI Play Go Menjadi Lompatan Tansformasi Digital Era Media Baru

👤Media Indonesia 🕔Selasa 31 Januari 2023, 22:15 WIB
Peluncuran aplikasi RRI Play Go versi baru ini dilakukan Direktur Utama LPP RRI, I Hendrasmo, di Galeri Tri Prasetya RRI Jalan Merdeka...
Ist

Alumni FH Universitas Trisakti Berbagi Saat Rayakan Natal Bersama

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 31 Januari 2023, 22:08 WIB
Perayaan Natal juga dilaksanakan dalam suasana Tahun Baru Imlek, sehingga kebahagiaan dirasakan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya