Senin 09 Januari 2023, 16:13 WIB

DPR Sebut Pembahasan Dana Haji Sesuai Kajian Pemerintah

Faustinus Nua | Humaniora
DPR Sebut Pembahasan Dana Haji Sesuai Kajian Pemerintah

ANTARA/ MUHAMMAD IQBAL
Ilustrasi

 

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Marwan Dasopang mengungkapkan bahwa keputusan untuk menentukan anggaran atau dana haji berdasarkan pada kajian pemerintah. Komisi VIII dalam pembahasan bersama pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama (Kemenag), selalu mencari opsi biaya haji termurah dengan layanan yang maksimal.

"Keputusan di DPR itu sudah berdasarkan hasil kajian pemerintah. Jadi memang dibahas per item dan kita mencari opti termurah tetapi tetap dengan layanan yang maksimal," ujarnya menanggapi dugaan mark up dana haji, kepada Media Indonesia, Senin (9/1).

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyebut bahwa dalam pembahasan dana haji selalu berlangsung alot. Pemerintah menyodorkan kajian-kajiannya dan kemudian dibahas per-item untuk menentukan biaya termurah. Bahkan DPR juga selalu memberi waktu kepada pemerintah untuk melakukan negosiasi lagi bila angkanya dinilai masih terlalu mahal.

"Sudah kita beri waktu untuk negosiasi juga agar bisa dapat biaya yang pas. Artinya yang termurah dengan tetap memastikan pelayanan ibadah haji itu maksimal," sebutnya.

Lantas, dengan adanya temuan KPK terkait mark up dana haji hingga Rp160 miliar, menurut Marwan, harus diusut tuntas. DPR mendukung penuh langkah KPK tersebut. "Kalau memang ada dugaan seperti itu tentu kita mendukung penuh langkah KPK," kata dia. (OL-12)

Baca Juga

Dok.Pri

KLHK Mulai Rangkaian Hari Peduli Sampah Nasional

👤Naufal Zuhdi 🕔Rabu 01 Februari 2023, 11:59 WIB
Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 KLHK, Rosa Vivien Ratnawati bahwa apabila berbicara HPSN diingatkan dengan tragedi Tempat...
DOK.MI

Media Indonesia Raih Penghargaan sebagai Media Massa yang Konsern Isu Perempuan dan Anak

👤Dinda Shabrina 🕔Rabu 01 Februari 2023, 11:05 WIB
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga juga memberikan apresiasi kepada Media Indonesia sebagai salah satu...
MI/Mesakh Ananta Dachi

Transformasi Digital Sekolah, Cita Cita Pendidikan Indonesia

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Rabu 01 Februari 2023, 11:00 WIB
“Transformasi digital sekolah merupakan integrasi teknologi dalam persekolahan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, efisiensi,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya