Kamis 08 Desember 2022, 14:07 WIB

4 Contoh Sumber Energi Panas, Bisa Jadi Alternatif

Meilani Teniwut | Humaniora
4 Contoh Sumber Energi Panas, Bisa Jadi Alternatif

AFP/Haidar Hamdani.
Matahari.

 

SELAMA ini pasti kita pernah merasakan suasana panas dan hangat jika berada di bawah sinar Matahari bukan? Itulah salah satu contoh energi panas yang sangat kita butuhkan dalam kehidupan di Bumi.

Bahkan saat ini kita sedang berada di musim pancaroba yaitu peralihan dari musim penghujan ke musim panas. Jadi cuaca sekarang lebih panas dibandingkan dengan cuaca sebelumnya. 

Lantas, tahukah kamu apa yang dimaksud dengan sumber energi panas dan apa saja contohnya? Nah, untuk menjawab pertanyaan kalian, berikut pembahasannya secara lengkap yang dirangkum dari berbagai sumber. Yuk disimak.

Apa yang dimaksud dengan sumber energi panas?

Energi panas merupakan bentuk energi yang terbentuk di dalam kerak Bumi. Namun, energi panas dapat Anda peroleh dari berbagai sumber. Misalnya, sumber energi panas yang berasal dari matahari, panas bumi, api, listrik, atau gesekan dari dua benda. 

Energi panas yang bisa berpindah-pindah disebut sebagai energi kalor. Energi ini biasanya akan berpindah dari tempat yang memiliki suhu lebih tinggi ke tempat yang punya suhu lebih rendah.

Energi panas menjadi salah satu energi yang sangat dibutuhkan manusia dan bahkan makhluk hidup yang ada di Bumi. Energi tersebut dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal, mulai dari proses fotosintesis tumbuhan, menghangatkan diri, hingga memasak. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa energi panas itu adalah hal-hal yang dapat menghasilkan sumber panas. 

Contoh sumber energi panas

a. Matahari. 

Suhu inti Matahari diperkirakan 15 juta derajat celsius. Suhu di permukaannya bisa mencapai 6.000º celsius. Matahari sangatlah besar dan panas, sehingga dapat memberi energi panas dan cahayanya ke Bumi yang berjarak 150 juta kilometer darinya. Radiasi Matahari mengandung energi panas yang disampaikan dalam bentuk inframerah. Mayoritas energi panas diserap oleh permukaan Bumi dan sebagian lagi dipantulkan. Atmosfer Bumi berperan menahan radiasi pantulan tersebut.

b. Api. 

Api merupakan zat berupa cahaya dan panas dan bisa dihasilkan dari bahan bakar minyak, batu bara, dan gas. Manfaat energi panas api antara lain membantu menghangatkan tubuh di tempat bercuaca dingin, memasak makanan, menyalakan lilin atau lampu minyak saat gelap.

c. Panas Bumi.

Panas terbesar ada pada lapisan Bumi. Panas Bumi dapat dijumpai di daerah gunung berapi. 

Bumi terbentuk dari lapisan bebatuan yang mengandung panas. Ada juga sumber air panas yang berasal dari air yang dipanaskan oleh magma di bawah permukaan tanah.

d. Minyak bumi dan batu bara.

Minyak bumi dan batu bara berasal dari fosil. Keduanya sering juga disebut bahan bakar fosil. Minyak bumi dapat ditemukan di bawah permukaan Bumi oleh ahli geologi. Pengambilannya dilakukan dengan membuat sumur memakai alat bor. 

Batu bara terbentuk dari tumbuh-tumbuhan yang mati dan tertimbun dalam lumpur selama jutaan tahun. Sebagian batu bara berada di bawah tanah. Meski begitu, ada pula lapisan di permukaan  tanah, karena gerakan pada kerak Bumi. Pengambilan batu bara sering dilakukan lewat pertambangan, baik terbuka maupun tertutup. (OL-14)

Baca Juga

Antara

Presiden Apresiasi Budaya Gotong Royong Masyarakat Hadapi Pandemi

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Januari 2023, 23:46 WIB
Ia pun mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bangkit dan bekerja keras mengejar segala ketertinggalan yang terjadi akibat...
DOK PCNU Depok

Apel Akbar 11 Ribu Kader NU Depok Ajak Wujudkan Perdamaian Dan Toleransi

👤Widhoroso 🕔Minggu 29 Januari 2023, 23:25 WIB
DALAM rangka memeriahkan Hari Lahir (Harlah) ke-100 Nahdlatul Ulama (NU), Pengurus Cabang NU (PCNU) Kota Depok, Jawa Barat menggelar apel...
HO

Mahasiswa LSPR Pentaskan 'Servant of Evil'

👤Widhoroso 🕔Minggu 29 Januari 2023, 23:03 WIB
SEBUAH karya seni, termasuk seni teater, merupakan media untuk menyampaikan suatu pesan. Pertunjukan teater bisa menjadi media untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya