Kamis 01 Desember 2022, 21:11 WIB

SNPMB 2023: Jurusan IPA, IPS, Bahasa Bebas Pilih Prodi di PTN

Faustinus Nua | Humaniora
SNPMB 2023: Jurusan IPA, IPS, Bahasa Bebas Pilih Prodi di PTN

Antara/Amplsa.
Sejumlah peserta lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau lulus jalur undangan mengikuti arahan.

 

MERDEKA Belajar dengan berbagai terobosan terus dilakukan Kemendibud-Ristek untuk menghadirkan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan zaman. Kali ini lewat Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023, pemilihan program studi (prodi) di perguruan tinggi negeri (PTN) tidak lagi dibatasi jurusan atau peminatan di sekolah menengah.

"Setiap siswa dari jurusan IPA, IPS, dan Bahasa diizinkan memilih prodi apa saja yang diminati di PTN," ujar Prof. Mochamad Ashari selaku ketua Tim SNPMB dalam konferensi pers, Kamis (1/12).

Pembatasan prodi berdasarkan jurusan dinilai sudah tidak relevan. Pasalnya, kompetensi yang dibutuhkan saat ini sangat beragam dan lintas ilmu, sehingga mahasiswa dituntut untuk mampu menguasainya sesuai dengan minat dan kemampuan.

Selain itu, dengan Kurikulum Merdeka yang sudah tidak memberlakukan jurusan di sekolah menengah, siswa juga bebas memilih mata pelajaran yang diminati. Meski para calon mahasiswa pada 2023 belum menggunakan kurikulum baru tersebut, di perguruan tinggi sudah mulai melakukan adaptasi.

Rektor ITS tersebut menambahkan bahwa SNPMB 2023 juga menerima sekolah yang menerapkan kurikulum 2006 dan 2013. Namun, sekolah yang tidak menerapkan kurikulum nasional belum bisa mengikutinya lantaran tidak bisa mendaftar pada PDSS.

"PDSS mengakomodasi Kurikulum 2006 KTSP dan Kurikulum 2013. Sekolah yang tidak menggunakan kurikulum nasional tidak diperbolehkan mendaftar PDSS," kata dia. (OL-14)

Baca Juga

DOK Instagram.

Ikhlas Artinya? Ini Ciri, Manfaat, dan Pengertian Menurut Ahli

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Senin 30 Januari 2023, 21:01 WIB
Ikhlas bisa diartikan secara istilah yakni membersihkan hati agar menuju kepada Allah SWT saja. Dengan kata lain, dalam melakukan ibadah,...
 ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Kepala BRIN Enggan Komentari Rekomendasi Pemberhentian oleh DPR

👤Faustinus Nua 🕔Senin 30 Januari 2023, 20:52 WIB
Dalam rapat Komisi VII DPR RI bersama BRIN hari ini, Senin (30/1) Komisi VII merekomendasikan kepada pemerintah untuk segera mengganti...
Antara/Muhammad Adimaja.

Manfaatkan Setiap Potensi yang Ada dalam Upaya Menjawab Berbagai Tantangan

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 30 Januari 2023, 20:44 WIB
Berdasarkan penilaian tiga aspek tersebut Indonesia dinobatkan sebagai negara paling dermawan di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya