Sabtu 19 November 2022, 15:47 WIB

Anak Terinfeksi Polio di Pidie Alami Gejala Awal Demam Dan Nyeri Sendi

Fajri Fatmawati | Humaniora
Anak Terinfeksi Polio di Pidie Alami Gejala Awal Demam Dan Nyeri Sendi

Dok.MI
Tangkapan layar tayangan Metro TV terkait dengan polio di Aceh.

 

SEORANG anak laki-laki berinial A, berusia 7 tahun di Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, terinfeksi virus polio (lumpuh layu). Penyakit tersebut diketahui saat penderita mengalami demam dan muncul nyeri pada persendian.

"Awalnya penderita mengalami sakit demam dan kemudian muncul nyeri pada persendian dan kelemahan anggota gerak. Setelah dilakukan pemeriksaan fisik dan laboratorium diketahui bahwa pasien terinfeksi virus polio," kata Kepala Dinas Kesehatan Pidie, Arika Aboebakar, Sp.OG, hari ini.

Kasus polio pada anak tersebut ditemukan di Kabupaten Pidie dan telah dikonfirmasi dari hasil pemeriksaan laboratorium Prof Sri Oemijati, Kemenkes Jakarta yang merupakan laboratorium rujukan nasional.

"Dinkes Pidie dengan tim dari Dinas Kesehatan Aceh, Kementerian Kesehatan, WHO, dan UNICEF sudah melakukan respon awal berupa Penyelidikan Epidemiologi (PE) termasuk pencarian kasus tambahan di wilayah terdampak baik di masyarakat maupun melalui kunjungan ke puskesmas dan RS setempat," ujarnya.

Baca juga: Satu Kasus Ditemukan di Aceh, Indonesia Berstatus KLB Polio

Kemudian, pihaknya juga melakukan review cakupan imunisasi dan Penilaian Kondisi Sosial (social assessment) untuk mengetahui bagaimana penerimaan masyarakat di wilayah terdampak terhadap imunisasi.

"Selain itu koordinasi dan pengaktifan Tim Gerak Cepat (TGC) juga segera dilakukan," jelasnya.

Sementara itu, Dengan ditemukannya kasus polio di Pidie, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie menyatakan temuan kasus tersebut sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB), karena Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya sudah dinyatakan bebas polio dan dunia saat ini bergerak menuju eradikasi untuk menghilangkan polio dari seluruh negara.(OL-4)

Baca Juga

Ilustrsasi

Kaya Nutrisi, Ini Manfaat Oatmeal untuk Tubuh

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Senin 05 Desember 2022, 14:30 WIB
Sebagai makanan alternatif pengganti nasi, oatmeal biasanya dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang manjalankan program...
MI/BARY

DPR Harap Partisipasi Masyarakat Dalam Pembahasan RUU Kesehatan

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Senin 05 Desember 2022, 14:17 WIB
Saleh mengatakan ada juga yang berjuang lewat media-media sosial. Memunculkan wacana dan isu yang dianggap krusial di RUU...
Warnerbros

Arti Villain dalam Dunia Film dan Perbedaannya dengan Anti-Hero

👤Meilani Teniwut 🕔Senin 05 Desember 2022, 13:43 WIB
Karakter jahat dari villain ini yang bikin para superhero harus putar otak gimana cara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya