Jumat 18 November 2022, 19:05 WIB

Pemerintah Diharapkan Kejar Motif Tersangka Cemaran Obat

M Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Pemerintah Diharapkan Kejar Motif Tersangka Cemaran Obat

MI/Duta
Ilustrasi gagal ginjal

 

PENGURUS PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan PP Ikatan Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) dr Iqbal Mochtar mengatakan pemerintah harus mengetahui motif tersangka menggunakan cairan pelarut dengan kadar berbahaya yang terkait kasus Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA).

"Kalau karena sirop, apa penyebabnya? Apakah ada kesengajaan, misalnya ingin mencari untung dengan menggunakan bahan pelarut murah atau tidak sengaja akibat reaksi tak terduga akibat campuran banyak hal," kata dr Iqbal saat dihubungi, Jumat (18/11).

"Ini harus jelas diinvestigasi dan dijelaskan ke masyarakat," imbuhnya.

Baca juga: Aparat juga Diharapkan Jerat BPOM dalam kasus Gagal Ginjal Akut

Selain itu, menurutnya, pemerintah yakni Badan POM dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) lebih cekatan dalam hal pencegahan agar kasus serupa tidak terulang kembali.

"Badan POM harus lebih cekatan. Harus ada langkah antisipasi terhadap produk berbahaya begini. Sebelum terjadi harus ada antisipasi, jangan sudah terjadi baru tindakan. Kasus begini kan sudah ada sejak lama harusnya sudah ada langkah preventif," tuturnya.

Per 15 November 2022, jumlah kasus GGAPA berjumlah 324 kasus dengan jumlah kematian mencapai 199 anak, 14 pasien masih menjalani perawatan intensif dan 111 pasien sudah sembuh.

Hingga kini sebanyak 4 perusahaan farmasi ditetapkan sebagai tersangka dan dicabut izin operasional dan izin Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB). Sebanyak 3 industri farmasi yakni PT Yarindo Farmatama, PT Universal Pharmaceutical, PT Afi Farma dan 1 industri pemasok bahan baku obat CV Samudera Chemical.(OL-5)

Baca Juga

Ist

Gandeng Muralis Lokal, Yello Hotel Manggarai Hadirkan Kamar Urban Xtra untuk Milenial

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 14:14 WIB
Wajah baru ini ditandai dengan mural yang terletak di area lobby hotel, berkolaborasi dengan mural artist local yaitu TUTU (@tutugraff)...
AFP

14.490 Rumah Rusak Akibat Gempa di Cianjur akan Direhabilitasi

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Kamis 01 Desember 2022, 13:26 WIB
Sebanyak 14.490 rumah yang terdata kerusakannya dan telah diverifikasi oleh BNPB akan dilakukan rekontruksi pascagempa Cianjur Jawa...
Antara

Jokowi Genjot Pembangunan Infrastruktur Digital untuk Tingkatkan Kualitas SDM

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 12:35 WIB
Menurutnya hal itu sebagai langkah yang tepat di tengah distrupsi digital yang melaju sangat cepat guna melahirkan SDM unggul dan berdaya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya