Kamis 27 Oktober 2022, 15:19 WIB

Wapres Ma'ruf Amin Apresiasi Himpuni Dorong Transisi Energi Berkelanjutan

Mediaindonesia.com | Humaniora
Wapres Ma

Dok. Himpuni
Penyelenggaraan kegiatan Himpuni di Bogor, Jawa Barat

 

WAKIL Presiden Ma'ruf Amin mengapresiasi langkah Perhimpunan Organisasi Alumni Perguruan Tinggi Negeri (Himpuni) Indonesia yang berupaya mengakeselarsi transisi energi berkelanjutan. Himpuni telah memfasilitasi diskusi dan tukar gagasan khususnya terkait berbagai konsep pengembangan energi terbarukan.

"Saya mengharapkan hasil dari diskusi akan turut menyukseskan tercapainya agenda kepemimpinan Indonesia pada G20 dan mendukung implementasi kebijakan transisi energi Indonesia sebagai sebuah kontribusi bagi keberlangsungan kehidupan umat manusia di seluruh dunia," ucap Ma'ruf ketika menutup secara virtual kegiatan Himpuni, Rabu (26/10), di IPB Convention Center, Bogor, Jawa Barat.

Kegiatan tersebut merupakan side event road to G20 dengan mengangkat tema Guarding Energy Transition in Indonesia and Beyond: High Level Policy Discussion on Promoting Investment, Financing and Development of Renewable and Green Energy. Event berlangsung dua hari sejak Selasa (25/10). Kegiatan ini ialah kerja Himpuni dengan dengan T20 Indonesia dan U20 Indonesia.

Ma'ruf menuturkan pemerintah akan membawa isu transisi energi untuk dibahas bersama dalam forum pertemuan Presidensi G20 di Bali pada November mendatang. Ia menyebut salah satu upaya pemerintah dalam mewujudkan tranformasi energi baru terbarukan (EBT) melalui ekosistem kendaraan listrik.

Wapres berharap upaya tersebut dapat mengurangi konsumsi bahan bakar minyak (BBM) sebesar 3 juta barel serta menurunkan emisi CO2 sebanyak 1,4 juta pada 2070. "Oleh karena itu saya mengajak BUMN maupun pihak swasta untuk dapat berkolaborasi mewujudkan target tersebut," tuturnya.

Anggota Presidium Himpuni, Akhmad Muqowwam menegaskan kembali bahwa pihaknya terpanggil untuk turut serta memikirkan cara terbaik dalam transisi energi. "Kami terus mendorong upaya pemerintah dalam transisi energi dari yang berbasis fosil menjadi energi berkelanjutan," ucapnya. Dari diskusi selama dua hari, kata Muqowwam, Himpuni menyampaikan poin-poin pemikiran kepada pemerintah berkaitan dengan isu energi berkelanjutan tersebut. Harapannya, dapat lebih membantu pemerintah dalam mengimplementasikan kebijakan transisi energi berkelanjutan. 

Pada hari kedua, event Himpuni tersebut diisi dengan Governers Forum tentang strategi para gubernur dalam mentransisikan energi di daerahnya. Hadir dalam sesi ini Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Pj Gubernur Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin. Forum diawali dengan sambutan dari Anies Baswedan selaku Co-Chair U-20 Indonesia. (RO/OL-14)

Baca Juga

Ist

Lomba Debat Remaja Bisa Ciptakan Pemimpin Berintegritas

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 09:19 WIB
Kaum muda ini akan menjadi penentu arah pembangunan Indonesia. Kekuatan demografis ini menjadi sangat krusial bila tidak di lakukan...
MI/Ramdani

Komisi X DPR RI Minta Perpusnas Tingkatkan Unsur Literasi Masyarakat

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 08:30 WIB
Ia menyatakan Indeks Literasi Masyarakat yang disusun Perpusnas dapat menjadi landasan kebijakan literasi...
Dok. DPR RI

Anggota DPR Dorong Pabrik Semen Indarung dan PLTA Rasak Bungo Jadi Warisan BUdaya UNESCO

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 08:00 WIB
Menurut Rieke, kedua bangunan tersebut menyimpan banyak memori perjuangan rakyat Minang pada masa penjajahan dan telah berkontribusi besar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya