Kamis 22 September 2022, 19:33 WIB

Jejak Penyebaran Islam di Marunda

Adriani Miming | Humaniora
Jejak Penyebaran Islam di Marunda

kemdikbud.go.id
Ilustrasi

 

BANYAK orang mengenal bangunan ibadah bersejarah itu dengan sebutan Masjid Al-Alam si Pitung. Padahal, tidak ada sangkut pautnya sama sekali dengan si Pitung yang dikenal sebagai pejuang Betawi saat menghadapi pendudukan Belanda di Batavia atau Jakarta.

Masjid Al-Alam yang terletak di Marunda, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, kini banyak dikunjungi orang sebagai salah satu tujuan wisata.

Pada 1975, Pemprov DKI Jakarta menetapkan masjid yang berperan penting dalam penyebaran Islam di Tanah Jawa itu sebagai bangunan cagar budaya.

Lokasinya yang berada di daerah pesisir pantai Kota Jakarta Utara menjadikannya sangat khas. Bangunan utama masjid tak begitu luas, sekitar 12x12 meter persegi, ditambah dengan bangunan baru untuk tempat salat perempuan seluas sekitar 4x8 meter persegi.

Di sebelah timur masjid ada sebuah pendopo untuk peristirahatan para pengunjung. Tak jauh dari pendopo, terdapat sebuah sumur yang dipercaya memiliki tiga rasa, yaitu asin, manis, dan tawar. Sementara itu, sebelah selatan luaran gapura masjid terdapat beberapa rumah warga. Di utara masjid atau di belakang pendopo ialah laut dan hutan mangrove.

Seorang pengurus masjid Al-Alam Marunda, Kusnadi, 53, menceritakan yang membangun masjid itu ialah para aulia atau wali Allah, yakni orang yang sangat dekat dengan Allah.

"Menurut cerita dari orangtua kita, masjid ini dibangun dalam waktu semalam oleh para aulia. Pembuatan masjidnya itu tidak dilihat oleh manusia. Sorenya belum ada, paginya masjid Al-Alam ini sudah berdiri," tuturnya kepada Media Indonesia.

Para aulia atau orang yang diagungkan umat Islam pada saat itu berniat mulia untuk mendirikan bangunan ibadah itu untuk mendalami pengajaran Islam di Pulau jawa, khususnya di Batavia.

Namun, dalam catatan sejarah, Masjid Al-Alam Marunda yang dulu bernama Masjid Agung Auliya itu dibangun pasukan Mataram pada abad ke-17.

"Apa pun ceritanya, pelestarian Masjid Al-Alam Marunda sebagai salah satu bangunan cagar budaya dan sebagai warisan leluhur dan orangtua kita ini harus dijaga agar tetap bertahan," ujar Kusnadi. (H-3)

Baca Juga

Medcom

Ini Tips Mencegah Makanan Terkontaminasi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 26 September 2022, 10:15 WIB
WHO menyebutkan terdapat lebih dari 200 penyakit disebabkan konsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri, virus, parasit, atau zat...
Ist

Beasiswa Cakrawala Tak Hanya Beri Bantuan Dana Pendidikan

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 26 September 2022, 09:42 WIB
Para penerima beasiswa telah memperoleh benefit tidak hanya bantuan dana pendidikan, namun sesi mentorship dan keterlibatan dalam...
Dok. Daus Rojali

Daus Rojali, PMI Guru Seni di Vietnam Raih Penghargaan di Kompetisi Vlog "Bekerja di Negeri Orang" 

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 26 September 2022, 09:31 WIB
"Saya pikir pekerjaan sebagai guru seni tidak terlalu penting bagi orang lain, tapi ternyata video vlog saya justru terpilih sebagai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya