Senin 12 September 2022, 16:47 WIB

Universitas Indonesia Selenggarakan 'Green Campus 2022' 

mediaindonesia.com | Humaniora
Universitas Indonesia Selenggarakan 

Ist
Himpunan Mahasiswa Pasca-Sarjana Sekolah Ilmu Lingkungan (Himpasiling) Universitas Indonesia (UI) menggelar Green Campus 2022.

 

GREEN Campus merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang dilakukan Himpunan Mahasiswa Pasca-Sarjana Sekolah Ilmu Lingkungan (Himpasiling) Universitas Indonesia (UI).  

Kegiatan Green Campus yang dilakukan beragam, mulai dari penelitian singkat, aksi nyata serta kampanye berkenaan dengan kelestarian lingkungan oleh seluruh mahasiswa baru Program Studi Magister Ilmu Lingkungan, Program Studi Magister Manajemen Bencana, dan Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan.  

“Program Green Campus ini sejalan dengan UI Greenmetric World University Rankings Universitas Indonesia di bidang Kampus Hijau yang berkelanjutan yang telah diterapkan sejak tahun 2010.  Tema kali ini adalah Green Recovery Towards a Resilient and Sustainable Future,” jelas Ketua Himpasiling, Mohammad Jhanattan, di Jakarta, Senin (12/9).

Jhanattan juga menjelaskan tema-tema penelitian singkat yang diusung dalam program Green Campus yang terkait dengan climate change mitigation (renewable energy), community resilience, waste management, green behaviour, water conservation, dan green financing.

Ia juga menekankan program ini akan melatih mahasiswa baru untuk bisa melakukan penelitian dalam waktu singkat yang akan melatih kemampuan penelitian dalam menciptakan inovasi baru permasalahan lingkungan yang implementatif 

Air Buangan AC Potensial untuk Hidroponik

Pemenang dalam program Green Campus 2022 adalah Kelompok 5 yang memfokuskan pada topik Konservasi Air dalam Konsep Kampus Hijau dengan memanfaatkan air buangan AC untuk media tanam hidroponik

“Pemanfaatan air buangan AC sebagai media tanam hidroponik dapat menjadi salah satu upaya water conservation karena tidak ada air yang terbuang,"  kata Trisia Megawati KD Ketua Kelompok 5.

Baca juga:  Novita Furia Putri Terpilih Menjadi Wisudawan UI Terbaik 2022

"Hal ini sangat baik dilakukan di area yang memiliki lahan terbatas dan banyak dipenuhi oleh bangunan-bangunan seperti di UI Salemba.  Disamping bermanfaat untuk penyerapan karbon, hidroponik jenis Bayam Brasil, selada, kangkung juga memiliki nilai ekonomi,” ucap Trisia.

Trisia menenjelaskan kegiatan hidroponik sangat bermanfaat dalam aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

Hidroponik kegiatan berupa urban farming bisa memperbaiki kualitas udara perkotaan, menciptakan iklim mikro yang sehat dan memberikan keindahan.

Ketua Kelompok Tani Mawar Indah, Karet Tengsin Jakarta Pusat Agus Iryanto menyambut positif riset tersebut.

Dia mengatakan ide pemanfaatan air buangan AC untuk hidroponik sangat tepat jika diimplementasikan di Kampus. Ia juga mencontohkan penggunaan air buangan AC di Pulau Tidung. 

Di sana setiap penginapan yang menggunakan AC pasti akan menghasilkan air buangan. Padahal, ada persoalan penyediaan air tawar di sana.

“Semua AC yang ada di pulau airnya ditampung untuk mengisi hidroponik yang ada di Pulau itu, sehingga  bisa memenuhi kebutuhan sayuran,” kata Agus. (FRO/OL-09)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Arab Saudi Sepakati pembukaan Penerbangan Umroh dari Kertajati

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 14:28 WIB
Menhub mengatakan, telah bertemu dengan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi untuk membahas hal...
Ist

Universitas BSI Masuk 10 Besar Kampus Terbaik Jakarta Versi UniRank 2022

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 13:21 WIB
Universitas BSI masuk dalam 10 besar Universitas terbaik di Jakarta, dengan menempati urutan ke-7 dan mengungguli beberapa PTN dan PTS...
Dok. Perpusnas

Perpusnas Gelar Literasi Kewirausahaan Kopi, Diikuti 750 Peserta dari 5 Kota

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 13:12 WIB
Perpusnas RI bertekad melakukan transformasi menjadi institusi yang memiliki peran signifikan, terutama dalam upaya ikut meningkatkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya